Ilustrasi. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Seringnya jabatan tertentu lowong dalam waktu lama, membuat Pemkab Buleleng terus berupaya mencari jalan keluar persoalan itu. Mencengah kekosongan pada jabatan strategis, pemkab akan menggulirkan lelang jabatan enam bulan sebelum pejabat bersangkutan memasuki masa pensiun.

Menurut Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) ada empat jabatan yang akan dilelang lebih awal. Jabatan itu, seperti Badan Kesatuan Bangsa (Kesbangpol) yang sekarang dijabat Pelaksana tugas Komang Sumertajaya. Dinas Pertanian (Distan) juga saat ini dijabat Pelaksana tugas Made Sumiarta.

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) lowong karena pejabat sebelumnya Gede Sugiartha Widiada dimutasi sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Kepala Dinas Koperasi-UKM Nyoman Swatantra juga memasuki masa pensiun.

Menurut Bupati, lelang jabatan dipercepat agar tidak dijabat oleh pelaksana tugas. Selain itu, tujuan lainnya agar pemkab tidak terlalu sering menggulirkan mutasi. “Saya perintahkan enam bulan sebelum pensiun jabatan yang ditinggalkan pejabatnya itu dilelang, ini akan efektif tidak ada pelaksana tugas dan kita juga tidak terlalu sering melakukan mutasi,” katanya.

Baca juga:  Atasi Limbah Organik, Pemkab Buleleng Berencana Beri Kecamatan Eskavator

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng Gede Wisnawa, mengatakan, lelang jabatan sebelum pejabat pensiun sesuai regulasi. Ini juga merupakan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Langkah awal, dirinya berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada KASN untuk mendapat rekomendasi empat lelang jabatan tersebut. Setelah mendapat izin dari KASN, tahapan lelang dilakukan. “Kita akan kebut target akhir Juli sudah dilantik untuk mengisi jabatan lowong,” tegasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.