Meskipun banyak tantangan dan hambatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya bisa merampungkan tugas-tugasnya. Ini jelas membutuhkan komitmen dan seni mengelola tantangan yang ada.

Sebagai rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengelola Pemilu 2019 ini hingga berjalan lancar dan damai. Riak-riak yang terjadi, mudah-mudahan bisa segera mencair dan kita kembali bersatu membangun negeri.

Saya juga berharap pascapenetapan pemenang oleh KPU, jika ada sanggahan hendaknya menggunakan saluran hukum yang ada. Jangan lagi membuat riuh dan stabilitas terganggu. Rakyat Indonesia, saya pikir sudah cukup cerdas melihat fakta dan mereka telah melakukan pilihan politik tanpa tekanan.

Tinggal sekarang membangun kesadaran dan lapang dada menerima hasil pilihan politik rakyat.  Mudah-mudahan lima tahun ke depan, negeri ini bisa berjalan lancar dan pemerintah bisa bekerja tanpa adanya gangguan internal.

Baca juga:  Tim Pemenangan Capres Tak Berwenang Umumkan "Real Count" 

Proses politik hendaknya jangan sampai menghambat program-program nasional. Terima kasih juga kepada pihak kepolisian dan TNI yang telah berjuang dan setia mengawal pemilu demi NKRI.

Kepada semua calon DPRD, DPR RI, dan DPD yang lolos, saya juga menyampaikan selamat. Mudah-mudahan dengan dilantiknya mereka sinergi pemerintahan yang dikendalikan Presiden Joko Widodo dengan para legislator bisa berjalan lancar. Mari kita dukung negeri ini menuju perbaikan kualitas hidup warganya, bukan malah menyebar ancaman yang bisa mengganggu stabilitas rakyat.

I Putu Parwata

Karangasem, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.