DENPASAR, BALIPOST.com – Tradisi penjamasan (penyucian) Pataka Kodam IX/Udayana Praja Raksaka dilaksanakan, Selasa (21/5) malam di Pura Kahyangan Jagat Bukit Dharma Durga Kutri di Jalan Udayana, Banjar Kutri, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Prosesi ini digelar menjelang HUT Ke-62 Kodam. Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G., Kamis (23/5) menyampaikan, posesi tersebut dipimpin Ida Peranda Bagus Suamba Wayahan Buruan dan dihadiri Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mewakili
Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P.

Tujuannya mohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh anggota Kodam selalu diberikan kekuatan, keselamatan dan pemikiran yang jernih serta suci sehingga mampu mengemban tugas pengabdian kepada TNI, masyarakat, bangsa dan negara. Sambutan Pangdam disampaikan Kasdam Kasuri, menyampaikan Pataka Kodam IX/Udayana pada hakekatnya merupakan lambang atau simbol penjelmaan sebagai media konsentrasi, pemusatan kepemimpinan dan pemusatan cita-cita bagi satu kesatuan instansi militer yang membawahi wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja, Kodam Canangkan Zona Bebas KKN

Dengan simbol lambang ini, diharapkan tumbuh semangat jiwa korsa dan soliditas dalam satu ikatan batin yang kokoh kuat sehingga cita-cita dapat tercapai dengan baik. “Penyucian ini mengandung makna penghormatan terhadap keteladanan Raja Udayana sebagai figur pemimpin terkenal pada zaman kerajaan terdahulu di Bali dan Nusa Tenggara. Dengan meneladani kepemimpinan Raja Udayana, diharapkan seluruh Prajurit Kodam IX/Udayana memiliki semangat juang dan jiwa Praja Raksaka dengan prinsip-prinsip kepemimpinan Asta Brata sehingga persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Bali dan Nusa Tenggara dapat terwujud dengan baik,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.