Kebangkitan bangsa hendaknya dimaknai dengan benar dan ditularkan kepada  generasi muda secara terus-menerus. Ini saya rasa merupakan sebuah harapan yang mestinya dipupuk di tengah adanya kepentingan-kepentingan politik yang menjauh dari nasionalisme. Bahkan, gerakan nasionalisme ini harus menjadi budaya bangsa yang mestinya ditularkan di dunia pendidikan sejak dini.

Tentu menjadi ironis jika kita baca dan tonton di televisi sekarang, ada oknum guru yang akhirnya berurusan dengan kepolisian gara-gara tak paham dengan nasionalisme. Bahkan, ada guru yang ditangkap karena dinilai menebar ancaman makar.

Melihat hal ini, saya memandang perlu jika dunia pendidkan di negeri ini memiliki satu visi yang jelas dalam menjaga nasionalisme. Bagaimana jadinya generasi muda ini ketika gurunya tak memiliki spirit kebangsaan yang bagus.

Baca juga:  Semangat Kebangsaan dan Toleransi

Untuk itu, sangat penting dilakukan penyadaran dan penguatan nasionalisme di kalangan para guru. Hal lain, yang saya harapkan berkaitan dengan membangun dan menjaga rasa nasionalisme kabangsaan adalah menumbuhkan kecintaan yang kuat terhadap negeri ini. Jangan karena kepentingan politik, persatuan dikorbankan.

Tindakan tegas diperlukan untuk menindak pelaku yang menebar paham-paham antinasionalisme. Saya juga mendukung langkah-langakh aparat keamanan untuk menjaga negeri ini secara totalitas. Mudah-mudahan dengan adanya ketegasan ini, kita bisa merasa hidup aman dan nyaman di negeri ini.

I Putu Sudana

Denpasar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.