Suasana di Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Manggis, Karangasem, melakukan penyengecakan terhadap kelayakan kapal, Kamis (16/5). Pengecekan dilakukan untuk memastikan keamanan kapal menjelang hari haya Lebaran.

Kepala KSOP Padangbai Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengungkapkan, pengecekan kapal wajib dilakukan menjelang arus mudik Lebaran. Pengecekan kapal yang dilaksanakan ini untuk memastikan kelengkapan kapal saat mengangkut penumpang.

Pengecekan yang dilakukan di antaranya memastikan kelengkapakan dokumentasi kapal, alat keselamatan, sertifikasi, mesin dan jumlah kru. Dalam pengecekan itu pihaknya tidak menemukan pelanggaran. “Semuanya aman. Kami tidak menemukan adanya pelanggaran. Secara umum kapal sudah siap berlayar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pengecekan kapal juga dilaksanakan di Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB. Pelabuhan Lembar yang besar memerlukan waktu pengecekan lebih lama. “Tetapi kami tidak terlalu lama mengeceknya. Karena kalau lama maka pemberangkatan penumpang akan lambat, sehingga nantinya menimbulkan kemacetan panjang,” jelas Suyasmin.

Baca juga:  Jelang Nataru, Pengamanan di Pelabuhan Padangbai Diperketat

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini cuaca sangat mendukung untuk melakukan penyeberangan. Gelombang di Selat Lombok ketinggiannya 0,25 sampai 1 meter sehingga bersahabat untuk pelayaran. Kecepatan angin juga mendukung.

Kapal yang bakal beroperasi saat Lebaran sebanyak 31 dan delapan lainnya masih di dok. ”Saat ini penyeberangan masih berjalan lancar. Truk pun masih diizinkan menyebrang. Berdasarkan pengalaman, biasanya pada H-5 barulah penyeberangan mulai padat. Karena itu, truk tidak diperbolehkan beroperasi. Kami fokus pada penyeberangan penumpang,” tegas Suyasmin. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.