Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kesuksesan adalah hak untuk setiap orang. Namun untuk mencapainya perlu dedikasi yang tinggi serta serius untuk menekuninya. Acap kali, saat seseorang baru saja memulai usaha dan gagal, buru-buru menyerah.

Padahal setiap orang sukses selalu mengalami kegagalan yang bertubi-tubi. Lebih lanjutnya, inilah beberapa hal yang bisa menunda kesuksesanmu menurut Swara Tunaiku.

1. Terlalu Sering Menunda-nunda

Apa kamu belakangan ini terlalu sering menunda-nunda pekerjaan? Kalau ya, segera benahi. Jika seseorang tidak melakukan kegiatan bermanfaat, hampir pasti ia terjebak pada aktivitas yang sia-sia. Kata-kata “nanti” atau “besok” terdengar manis. Namun, jika direnungi, dua kata itu ibarat ranjau waktu yang siap meledakkanmu dalam waktu dekat. Mau?

2. Sering Tergoda oleh Gawai

Macam-macam fitur dalam gawai telah membuat siapa pun terdistraksi. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam satu jam, bisa molor seharian penuh. Tanpa sadar, ketika seseorang tengah mengutak-atik HP, ia sebenarnya lagi menghabiskan energi. Begitu kembali ke pekerjaan, perlu puluhan menit untuk fokus kembali. Kan, sayang waktu jadi terbuang.

3. Boros

Saat punya uang banyak, keinginan untuk beli ini-itu semakin besar. Puncaknya, belum juga akhir bulan sudah kehabisan uang di dompet. Orang sukses itu pandai menghemat uang dan bisa mengefisiensikan waktu. Ia selalu berpikir jangka panjang. Ia juga bisa menakar uangnya bisa habis dalam berapa hari atau bulan saat menekuni dunia kerjanya.

4. Tidak Peduli dengan Kesehatan Sendiri

Sudah istirahat kurang, makan sembarangan, tidak pernah olahraga pula. Alhasil, badan yang jadi taruhannya. Hari-hari hanya berkutat dengan penyakit. Orang sukses itu memiliki pola hidup yang sehat. Jadi, setiap hari ia menjaga makanan yang bernutrisi tinggi. Bukan sekadar banyak, tapi hanya memakan yang berkualitas. Jadinya, saat kerja pun lebih maksimal.

Baca juga:  Mau Sukses, Kamu Harus Berteman dengan 5 Tipe Orang Ini

5. Kurang Bisa Menikmati Hidup

Boleh saja sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Namun, apakah itu sudah cukup membuatmu bahagia? Kehidupan itu mestinya penuh dengan keseimbangan. Antara tubuh dan pikiran mesti selaras dan seiring bersama. Sekali-kali, nikmatilah hidup ini. Misalnya dengan pergi ke tempat wisata bareng keluarga atau menjalani hobi yang sempat tertunda karena pekerjaan.

6. Takut untuk Memulai

Orang sukses memiliki keberanian yang tinggi. Sebab, ia memiliki cita-cita untuk mengubah dirinya semaksimal mungkin. Bahkan juga terobsesi untuk mengubah dunia. Misalnya, seperti apa yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg yang terobsesi menghubungkan orang-orang dari belahan dunia mana pun dalam satu platform. Mau sukses? Hilangkan rasa takutmu dulu.

7. Resolusi yang Sekadar Angan

Sebuah resolusi hanya bisa tercapai jika segera merealisasikannya. Percuma jika selama ini hanya mengunggah resolusi tahun baru di linimasa media sosial, jika hanya sekadar gaya-gayaan. Padahal, resolusi tersebut berdampak untuk dirimu sendiri. Bukan orang lain. Peran orang lain hanya menyemangatimu. Soal terealisasi atau tidak, tergantung dirimu sendiri.

8. Terlalu Hanyut dengan Masa Lalu

Masa lalu biarlah berlalu. Jadikan pelajaran dan tetap menatap masa depan. Sebab, di masa depan itulah kelak kamu berada. Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang buruk.

Namun, kalau terus-menerus hanyut oleh masa lalu, dengan sendirinya potensi untuk sukses jadi terbelenggu. Yuk, move on mulai dari sekarang juga. Tiada yang sulit setelah memulainya.

Sukses itu hanya tinggal waktu jika sudah berusaha dengan serius dalam menggapainya. Jika hanya sekadar angan, maka bukan sukses namanya. Namun, hanya sekadar mimpi di siang bolong. Seandainya saat ini kamu sudah memiliki kemampuan di bidang tertentu, manfaatkan. Jangan tunda-tunda. Sebab, orang sukses tidak memerlukan alasan. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.