DENPASAR, BALIPOST.com – Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di Kota Denpasar diwarnai interupsi. Rapat yang digelar di Hotel Prime Plaza, Sanur, Denpasar, Senin (6/5), ini diinterupsi salah seorang saksi Partai Gerindra.

Sebab, suara salah satu calegnya hilang di tiga TPS Dapil Denpasar Barat. Gede Surya, saksi dari Partai Gerinda mengatakan, suara caleg Made Muliawan Arya SE., MH, hilang. Ada 3 TPS yang perolehan suaranya tidak sesuai, yakni di TPS 26 Tegal Kerta memperoleh suara 57 menjadi 5 suara,  TPS 12 Pemecutan perolehan suara 66 menjadi 6 suara, dan di TPS 69 Pemecutan perolehan suara 15 menjadi 0 suara.

Interupsi dari saksi tersebut kemudian dilanjutkan oleh KPU Denpasar Divisi Teknis Penyelenggara dengan melakukan verifikasi atas formulir C1, DAA, dan D1, disaksikan Petugas Kecamatan, Bawaslu Kecamatan, dan Divisi Hukum KPU Denpasar. Hasilnya, suara yang dikatakan hilang tersebut karena adanya salah ketik saat pemasukan data dan telah dikembalikan dengan melakukan perbaikan, yang dicatatkan dalam formulir Db2.

Baca juga:  KPU Denpasar Kekurangan 1.545 Kotak dan Bilik Suara

Ketua KPU Denpasar, Wayan Arsa Jaya mengatakan, formulir Db2 merupakan formulir catatan khusus. Termasuk dengan adanya selisih penghitungan suara tersebut telah dicatatkan dalam formulir Db2. “Pencatatan ini dilakukan setelah dilakukan verifikasi, melalui mekanisme bukti yang ditunjukkan sehingga telah dilakukan perbaikan,” katanya.

Sementara itu, perolehan suara Pemilu 2019 di Kota Denpasar, dikuasai oleh partai PDIP. Sedangkan untuk perolehan suara capres dan cawapres di Kota Denpasar, pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin meraup sebanyak 338.019, dan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno sebanyak 39.455 suara.

Perolehan suara calon DPD, suara terbanyak diraih, Dr. Shri IGN Arya Wedakarna, MWS, SE., dengan 118.021 suara dan peringkat kedua H. Bambang Santoso sebanyak 36.954 suara. Sementara posisi ketiga, Drs. Made Mangku Pastika, MM, sebanyak 32.830 suara, dan keempat diraih A.A Gede Agung, SH sebanyak 27.213 suara. (Agung Dharmada/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.