Pelaksanaan program penerimaan siswa baru 2019 saya rasa perlu disosialisasikan secara lebih terbuka dan lebih intensif. Informasi terbuka dan seluas-luasnya harus dilakukan. Kepala Dinas pendidikan kabupaten/kota hendaknya satu kata soal ini.

Masalahnya masih sering terjadi beda persepsi atas aturan yang sama yang pada gilirannya membuat para orang tua tak memiliki pemahaman yang utuh tentang sistem penerimaan siswa baru tahun 2019.

Jika aturannya memang sudah ada, ada baiknya semua dibuka secara lebih detail dan jelas. Bila perlu surat edaran itu segera dikirim ke sekolah-sekolah agar ditempel di sekolah atau diperbanyak agar bisa diterima oleh para orang tua siswa. Ini penting untuk membantu anak-anaknya mencari sekolah.

Perlu juga dijelaskan kuota tentang anak beprestasi dan sistem perankingan prestasi. Ada kalanya banyak anak berprestasi gagal mendapatkan sekolah karena salah strategi mendaftarkan prestasinya.

Baca juga:  Zonasi dalam Rasio Murid Guru

Para kepala sekolah juga agar proaktif melakukan sosialisasi terkait sistem penerimaan siswa baru ini, untuk memastikan anak didiknya bisa melanjutkan sekolah dengan tidak banyak masalah. Artinya, semua pihak saya harapkan ikut mendukung pemerintah mensosialisasikan sistem yang ada agar orang tua memiliki panduan yang jelas.

Perlu juga diingatkan agar pihak-pihak yang tidak berkepentingan jangan menyebarkan berita bohong soal penerimaan siswa baru tahun ini. Jika ada pihak yang menyebarkan berita bohong terkait sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) agar ditindak polisi. Mudah-mudahan tahun ini, sistem PPDB tak banyak dikeluhkan karena mengakomodasi kepentingan peserta didik.

Ni Wayan Purnamiani

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.