Unit Reaksi Cepat Community (URCC), merupakan komunitas yang bergerak di bidang penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang bersifat sosial, mendapatkan pelatihan safety riding dari Honda. (BP/ist)

 

UNIT Reaksi Cepat Community (URCC), merupakan komunitas yang bergerak di bidang penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang bersifat sosial, mendapatkan pelatihan safety riding dari Honda. Mengambil tempat di gudang Megati Tabanan sebanyak 25 anggota URCC mengikuti edukasi yang di gelar pada  Minggu 7 April 2019.

Edukasi dikemas menarik dengan beragam pengetahuan berkendara dengan aman, baik saat berkendara sendiri maupun berkelompok.

Dimulai sejak pagi, kegiatan yang dipandu oleh team safety riding Astra Motor Bali,  di awali dengan sesi teori keselamatan berkendara. Pada sesi  ini para peserta diajarkan cara bekendara yang baik dan benar di jalan raya dan cari aman di jalan raya. Pemahaman peserta pun di tambahkan dengan pemutaran video safety riding. Peserta terlihat bersemangat saat sesi tanya jawab dengan berbagai hadiah menarik.

Baca juga:  Aplikasi Motorku X, Cara Mudah Service Motor Honda di Rumah

Untuk memantapkan teori safety riding yang telah dijelaskan, pelatihan dilanjutkan dengan  tes praktek. Pada sesi ini peserta diberikan pengetahuan mengenai postur tubuh saat berkendara dimulai dari posisi tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Selain itu para peserta juga diajarkan teknik cara melakukan pengereman yang benar, peserta juga di ajak melakukan slalom course, yaitu cara berbelok dengan baik dalam kecepatan tinggi dan kecepatan rendah.

Baca juga:  Dari Temuan Ikan Aneh Buat Heboh hingga Beredar Kabar WN Belanda Masuk Bali Tak Patuhi Kewajiban Karantina 14 Hari

Setelah mencoba teori dan praktek tersebut, peserta diberikan tantangan berupa games Low Speed Section. Dimana dalam games ini para peserta dituntut untuk berkendara melewati rintangan berupa cone rambu jalan tanpa mengenainya. Setiap peserta yang mencoba langsung dinilai dan dievaluasi. Dan peserta dengan nilai terbaik mendapat hadiah berupa helm dari team safety riding.

“Kami berkomitmen menjalankan program  safety riding secara konsisten karena  edukasi ini tidak boleh putus hingga lebih banyak  orang yang menjadi duta  keselamatan di jalan raya , “ ungkap Ngurah Iswahyudi selaku Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali

Baca juga:  Oknum Photografer Setubuhi Modelnya yang Masih di Bawah Umur

URCC yang merupakan komunitas bersifat social dibentuk atas dasar keprihatianan terhadap musibah kecelakaan yang sering terjadi di jalan raya. Dengan konsep penanganan cepat, pembentukan URCC ini di pelopori oleh  35 anggota yang berasal dari berbagai komunitas maupun perseorangan di Bali.

“Pengetahuan safety riding ini sangat penting buat kami, harapannya dengan edukasi ini, menjadi bekal  buat kami dalam menciptakan kondisi aman baik bagi diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya,” ungkap Edi Waseso selaku wakil ketua URCC. (kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *