Bupati Giri Prasta menyerahkan sumbangan pada masyarakat di Karangasem. (BP/Dokumen Pemkab Badung)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Wujud nyata dari program “Badung Angelus Buana” Badung berbagi dari Badung untuk Bali yang merupakan gagasan serta komitmen yang dipegang teguh oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam membantu meringankan kebutuhan pribadi serta komunal masyarakat yang ada di pulau dewata. Pada Kamis (28/3) bertempat di jaba Pura Taman Ganggsing, Bupati Giri Prasta untuk kali kedua menyerahkan bantuan dana hibah di Kabupaten Karangasem.

Sebelumnya, bantuan hibah diberikan untuk Karya Melaspas Pura Dalem di Desa Pekraman Umacetra Kec. Selat. Untuk kali ini bantuan dengan total nilai Rp 1,150 miliar diserahkan simbolis oleh Bupati Giri Prasta kepada masyarakat di tiga desa adat di Kecamatan Sidemen.

Turut mendampingi pada kesempatn tersebut tokoh masyarakat IGN Kesuma Kelakan, Kabag Humas Setda Badung Putu Thomas Yuniartha. Bantuan dana hibah ini diantaranya untuk membantu Karya Mamungkah di Pura Dalem Lingsir Br. Toh Jiwa Kelod sebesar Rp 300 juta, Bantuan 1 set Gong Kebyar Pura Dalem Desa Adat Kubung Kec. Sidemen Karangasem sebesar Rp 350 juta, Pembangunan Bale Agung Desa Pekraman Wangsean, Desa Wiswa Kerta Sidemen sebesar Rp 500 juta.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banjar Kebung sudah diberikan kesempatan untuk hadir bersama dengan masyarakat di Pura Taman Gangsing dalam upacara Piodalan. Bupati Giri Prasta mengatakan sangat memahami bagaimana waktu banyak dihabiskan masyarakat untuk adat, uang habis untuk kegiatan yadnya itu sendiri.

Baca juga:  Gadis Ini Harapkan Bantuan untuk Bisa Bersekolah

Untuk itu Bupati hadir untuk meringankan beban masyarakat salah satu contoh untuk membangun Pura begitu juga Bale Banjar, Wantilan termasuk membantu yang lainnya. Dan untuk Kabupaten Karangasem dana hibah BKK Badung pertama yang dituju yaitu Munti Gunung dimana Bupati Badung mengikuti program Presiden Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran begitu pula dari Badung membangun Bali dari pinggiran.

Untuk munti Gunung akan menerima bantuan bedah rumah sebanyak 215 kk dari 400 bedah rumah BKK Kabupaten Badung untuk Kabupaten Karangasem dan masing-masing mendapat dana Rp 50 juta tanpa potongan pajak dengan bentuk bangunannya rumah sehat dan layak huni yang dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar bebas, kamar mandi dan dapur. “Kami harapkan rumah ini dibangun dengan gotong rotong,” harap Bupati Giri Prasta.

Sementara itu Manggala karya Jro Mangku Wika, mengucapkan parama suksma atas kehadiran Bapak Bupati Badung bersama rombongan dimana dalam acara pemberian bantuan hibah yang bertempat di jaba Pura Taman Ganggsing. Pura Taman Ganggsing ini dulunya adalah tempat Yoga Cokorda Pemayun sakeng Sidemen dan Pura ini ditinggalkan dan diberikan kepada Desa adat Kebung ini. “Masyarakat kami sangat antusias mendukung program berbagi dari Badung untuk Bali dari Bapak Bupati Badung walaupun beliau bukan pemimpin di Karangasem,” ungkapnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.