Salah satu kelompok seniman pentas di PKB 2018. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kabupaten Karangasem kini mulai melakukan mempersiapkan untuk tabil dalam kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019 bakal dimulai 15 Juni sampai 13 Juli 2019. Dalam hajatan tersebut, Pemerintah Karangasem menggelontorkan anggaran sekitar Rp 2 miliar.

Kadis Kebudayaan Karangasem, I Putu Arnawa, Selasa (26/3) mengatakan, untuk tampil di PKB, pihaknya mulai melakukan berbagai persiapan. Kata dia, pihaknya telah turun untuk melakukan pembinaan-pembinaan terhadap peserta yang nantinya ikut berpartisipasi dalam kegiatan PKB. “Persiapan sudah kita lakukan. Kita sudah lakukan pembinaan ke sekaa yang ikut dalam PKB. Pembinaan kita lakukan supaya mereka mampu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum tampil lomba nanti,” ungkapnya.

Arnawa menambahkan, pada tahun ini, Karangasem hanya mengikuti sembilan materi. Jumlah materi yang diikuti disesuaikan dengan anggaran yang ada. Karena tahun ini anggaran untuk PKB sekitar Rp 2 miliar. “Penurunan anggaran itu karena pendapatan daerah juga menurun. Meski begitu, kita tetap memaksimalkan anggaran yang diberikan untuk semuanya,” katanya.

Baca juga:  Pelabuhan Tanah Ampo, Dibangun 12 Tahun Lalu Sampai Kini Tak Beroperasi

Lebih lanjut dikatakannya, dalam PKB tahun ini tema yang digunakan adalah bayu pramana. Artinya udara sebagai kekuatan.

Dengan tema yang digunakan itu, Karangasem tetap bakal menampilkan kesenian yang menjadi ciri khasnya, salah satunya genjek. “Kita menampilkan sejumlah kesenian yang direkontruksi. Selain itu, kita juga akan menampilkan gambuh anak-anak dan gong kebyar wanita,” sebutnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.