Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri bersama dengan seorang veteran di sela-sela kegiatan Komsos. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan anggota Keluarga Besar TNI (KBT) berkumpul di Gedung Serba Guna Disdikpora Provinsi Bali di Jalan Kapten Tantular, Renon, Denpasar Timur, Selasa (26/3). Mereka dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan komunikasi sosial (Komsos) untuk memperkuat soliditas guna mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, saat membacakan sambutan Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menyampaikan kegiatan Komsos ini bertujuan untuk terwujudnya hubungan antara prajurit TNI khususnya Kodam IX/Udayana dengan KBT yang Iebih harmonis. Selain itu meningkatnya pemahaman tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal lka untuk berpartisipasi dalam membantu kesulitan rakyat serta menjaga serta mempertahankan kedaulatan NKRI.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah tercapainya pemahaman KBT tentang tugas dan peran TNI AD serta pokok-pokok kebijakan Kasad dalam bidang teritorial tahun 2019. Terjalinnya hubungan yang Iebih harmonis antara TNI AD dengan KBT guna mendukung tugas pokok TNI AD. Meningkatnya pemahaman KBT tentang Pancasila dan terwujudnya kesamaan persepsi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentang Bhinneka Tunggal lka. Berpartisipasi dalam menjaga mengatasi kesulitan rakyat dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini “Melalui Silaturahmi dengan Keluarga Besar TNI, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI.” Selaras dengan tema yang diusung materi yang disampaikan, antara lain pokok-pokok kebijaksanaan pimpinan TNI Angkatan Darat dalam bidang teritorial oleh Kasdam.

Baca juga:  Sinergi Pengamanan Pertemuan IMF-WB Diintensifkan

Sedangkan materi wawasan kebangsaan dan serta rencana kegiatan TNI AD dalam rangka membantu kesulitan rakyat disampaikan oleh Pabandya Komsos Sterdam, Letkol Czi. Hartanto Dwi Priono, S.T. “Kegiatan ini akan terus berjalan dan tidak terhenti sampai di sini saja. Karena komunikasi sosial dengan KBT tetap perlu dijaga dan terpelihara dalam menjaga keutuhan Keluarga Besar TNI yang juga turut andil dalam mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai,” ujarnya.

Senantiasa membangun rasa kebersamaan dan keterpaduan dengan segenap komponen bangsa melalui kegiatan pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI. Pembinaan tersebut diantaranya melaksanakan kegiatan Komsos dengan KBT merupakan salah satu potensi pertahanan negara yang memiliki hubungan emosional dengan prajurit TNI aktif.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan aktif memberikan masukan maupun saran demi terbangunnya kesamaan visi serta persepsi antara prajurit Kodam IX/Udayana dengan seluruh KBT demi tetap tegaknya kedaulatan NKRI.
Kegiatan tersebut diikuti anggota PPAD, Pepabri, LVRI, Piveri, Perip, KB FKPPI, Hipakad, Korpri TNI dan Dharma Pertiwi. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.