Suasana di Pasar Seni Sukawati yang sepi pembeli. (BP/ded)

GIANYAR, BALIPOST.com – Para pedagang di Pasar Seni Sukawati, Rabu (20/3) kemarin, sudah diperbolehkan memindahkan barang dagangannya ke pasar sementara di Lapangan Sutasoma. Kondisi pasar seni tradisional yang makin ditinggalkan wisatawan ditambah relokasi sementara ke tempat kurang strategis hingga dua tahun, dikhawatirkan makin membuat wisatawan enggan berbelanja di pasar seni tradisional.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pemerintah diharapkan gencar mempromosikan perpindahan pedagang. Seperti yang disampaikan pedagang di Pasar Seni Sukawati, Wayan Martini. Pedagang kain ini mengaku berencana pindah ke pasar sementara di Lapangan Sutasoma pada 30 Maret, mengingat para pedagang lain juga belum ada tanda-tanda segera pindah. “Saya ikut bagaimana pedagang yang lain saja,” ujar pedagang kain ini.

Dijelaskannya, pendapatannya di Pasar Seni Sukawati sangat minim. Pasar sepi ibaratnya sudah jadi hal biasa. Dalam sehari ia hanya bisa menjual sedikit barang dagangannya.

Tidak jarang ia harus gigit jari karena sama sekali tidak dapat jualan. “Hanya segini-segini saja. Pendapatan tidak tentu. Waktu ini dapat Rp 100 ribu. Pernah sama sekali tidak dapat jualan. Sudah begini sejak lebih dari setahun,” ungkapnya.

Baca juga:  Gianyar Pusatkan Posko Pengungsi di Lapangan Sutasoma

Hal serupa disampaikan pedagang lainnya. Pada intinya pedagang berharap pemerintah dapat membantu mempromosikan keberadaan Pasar Seni Sukawati, termasuk ketika direlokasi ke pasar sementara di Lapangan Sutasoma. Pedagang juga berharap pasar baru nanti akan dapat mengembalikan kejayaan Pasar Seni Sukawati seperti dulu.

Kepala Pasar Sukawati Anak Agung Raka mengakui minimnya pengunjung Pasar Seni Sukawati. Wisatawan hanya ramai saat libur tahun baru, Idul Fitri dan libur sekolah.

Sementara terkait promosi yang diharapkan pedagang, Kepala Bappeda Gianyar Gede Widarma Suharta mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak khususnya pelaku pariwisata terkait relokasi Pasar Seni Sukawati. Bahkan pihaknya sudah membuat surat edaran kepada para guide mengenai hal tersebut.

Selain itu, untuk mengarahkan wisatawan, pihaknya akan membuat baliho berukuran besar di Pasar Seni Sukawati dan pasar sementara. Diharapkan dengan upaya-upaya tersebut, wisatawan banyak yang berkunjung ke pasar sementara di Lapangan Sutasoma. (Dedi Sumartana/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.