Vaksinasi anjing di salah satu desa di Jembrana. Di Jembrana ada 26 ribu ekor anjing yang berada di zona merah rabies dan menjadi target awal vaksinasi. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Belasan ribu ekor anjing di Jembrana Senin (18/3) di vaksinasi rabies. Vaksinasi anjing guna antisipasi penyakit rabies ini dilakukan secara serentak di lima Kecamatan di Jembrana. Ditargetkan untuk desa-desa yang masuk zona merah 26 ribu ekor anjing disasar vaksinasi. Sedangkan total target keseluruhan nantinya 44 ribu ekor anjing di Jembrana.

“Untuk tahap pertama ini kita targetkan 26 ribu ekor anjing di zona merah rabies,” ujar Kasi Keswan Kesmavet, IGBN Rai Mulyawan.

Vaksinasi serentak dibagi beberapa regu dari masing-masing kecamatan menyasar anjing yang dipelihara warga maupun anjing liar.  Dalam sehari kemarin, sudah ada 13.735  ekor yang telah diberikan vaksin. Beberapa desa yang masuk kategori zona merah disasar seperti di Kecamatan Pekutatan, Desa Asah Duren dalam sehari sudah 679 anjing yang divaksinasi. Desa Gumbrih 816 ekor, Desa Pangyangan, 295 ekor.

Baca juga:  3 Anak di Desa Banjar Digigit Anjing Rabies

Sedangkan di Kecamatan Melaya, di Desa Wanasari 385 anjing, Desa Melaya 1480 anjing divaksin, Desa Tukadaya, Desa Blimbingsari dan Desa Tuwed masing-masing 1190 ekor, 279 ekor dan 703 ekor “total di Melaya ada 4037 ekor anjing yang sudah divaksin,” tambah Rai.

Selanjutnya di kecamatan Negara, menyasar Desa Berangbang sebanyak 982 ekor anjing dan Desa Kaliakah. Total dalam sehari kemarin, menurutnya sudah mencapai 13 ribu ekor lebih yang telah tervaksin.

Semua jenis anjing menurutnya disasar vaksinasi ini. Terutama anjing-anjing liar yang tanpa pemilik. Sebab menurutnya anjing liar itu lebih berbahaya, khususnya yang masih kecil. “Karena belum divaksin dan biasanya sering digigit anjing yang besar dan tertular rabies,” jelasnya. Justru menurutnya anjing yang kecil itu lebih berbahaya. Vaksinasi ini menurutnay akan dilakukan setiap hari hingga seluruh anjing tervaksinasi. (surya dharma/Balipost)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.