Dana desa adat kini diperjuangkan Pemprov Bali. Ini merupakan perjuangan riil menjaga Bali. Terlebih ada respons positif dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Saya sangat senang membaca berita ini di harian Bali Post.

Ini terobosan cerdas dan saya pikir sangat efektif untuk menjaga Bali. Mudah-mudahan Gubernur Bali Wayan Koster diberikan kekuatan dan petunjuk yang jelas untuk merealisasikan terobosannya ini.

Kami rakyat Bali, khususnya krama Bali, tentu sangat mendukung. Terobosan ini mestinya juga segera diperkuat oleh DPRD Bali dengan melakukan dukungan riil kepada desa adatnya dari segi anggaran.

Jangan sampai beban menjaga budaya dan tradisi, termasuk tanah-tanah Bali dibebankan hanya kepada warga adat. Ini tentu tak adil. Ketika desa dinas atau desa administrastif tentu dana ini juga harus diarahkan untuk penguatan desa adat.

Baca juga:  Digelar Hingga Kecamatan, Pemkab Gelontorkan Dana 3,9 Miliar untuk HUT

Saya berharap perjuangan Gubernur Bali Wayan Koster ini memberikan spirit baru dalam penguatan desa adat di Bali. Ini juga tentu sejalan dengan visi misi Gubernur Bali untuk mewujudkan Nagun Sat Kerti Loka Bali, yakni adanya keselarasan pembangunan sekala dan niskala.

Selamat berjuang Bapak Gubenur Bali, kami krama Bali juga masyarakat Bali mendukung penuh perjuangan untuk menguatkan desa adat. Mudah-mudahan Menteri Keuangan Sri Mulyani bisa mewujudkan hal ini dalam waktu dekat. Bali memang harus dijaga dan mendapat perhatian khusus.

Ni Putu Purnaminingsih

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.