Ketua BPPD Badung melakukan presentasi terkait pariwisata di acara Table Top yang digelar di Zurich, Swiss. (BP/istimewa)

SWISS, BALIPOST.com – Badung melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) melakukan Sales Mission 2019 di Eropa. Kegiatan yang merupakan Pra-Event Sales ITB Berlin ini menyasar pasar klasik, Switzerland (Swiss).

Delegasi Badung yang terdiri atas para industri, perwakilan asosiasi dan team BPPD Badung, melakukan table top pada Selasa (5/3) di kota Zurich dan kemudian dilanjutkan dengan mengikuti acara tahunan ITB Berlin di Jerman.

Menurut Ketua BPPD Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya, SE., MBA., Swiss termasuk pasar klasik yang memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat berkontribusi pada pencapaian kunjungan pada 2019. Negara ini selain sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Indonesia pada bidang ekspor dan impor, juga telah berkontribusi sekitar 1,5 juta wisatawan pada 2018. “Diharapkan dapat meningkat dan mencapai 2 juta wisman pada 2019,” sebutnya.

Pasar Eropa, tambah Suryawijaya merupakan pangsa yang sangat tepat untuk dikembangkan dan bahkan diperkuat di Bali. Selain memiliki bargaining power yang tinggi, juga rata-rata length of stay wisatawan Eropa bisa mencapai 7 hingga 10 malam.

Usaha yang dilakukan ini harus juga mendapatkan komitment dari para Stakeholder Pariwisata di Bali jika ingin mengelola pasar Eropa dengan baik, salah satunya adalah tentang standarisasi safety and procedures yang dimiliki setiap property. Pasar Eropa sangat sensitif terhadap standar safety and procedures, sehingga kondisi ini harus dipersiapkan dengan baik dan matang. “Tidak saja untuk akomodasi, namun juga pada pelaku pariwisata lainnya seperti jasa transportasi, jasa travel agent, guide, watersport dan termasuk destinasi yang ada baik menyangkut standar, kelayakan dan keamanan setiap produk, pelayanan dan pengelolaannya,” paparnya.

Baca juga:  Gelar Sales Mission di Colcata, Badung Disambut Antusias

Pada Sales Mission di Switzerland, BPPD Badung bekerjasama dengan Singapore Airlines. Peserta Table Top terdiri dari 47 perwakilan Top Wholeseller di Switzerland, 3 perwakilan dari Singapore Airlines, 5 Team dari BPPD Badung, dan 12 perwakilan industri pariwisata Bali.

Senior Key Account Manager Singapore Airline di Zurich, Marcel Bachmann sangat mengapresiasi acara Sales Mission Europe 2019, yang dilangsungkan di Zurich. Sebab, akan memberikan peluang yang besar untuk memperkenalkan lebih baik lagi pulau terbaik di dunia, Bali pada masyarakat Eropa dan khususnya Switzerland.

Dalam pemaparannya di depan peserta Table Top, Suryawijaya juga memaparkan Big Step dalam upaya pengurangan sampah plastik single use oleh Pemerintah Bali. Bahkan Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, MM telah mengeluarkan Pergub No. 97 th 2018 sebagai bentuk komitmen bersama dalam memerangi sampah plastik. Uraian ini disambut positif dan apresiasi dari peserta Table Top. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.