Guratan menyerupai sisik naga terlihat di Pura Dalem Padangan, Pupuan. (BP/istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Guratan serupa sisik naga terlihat di Pura Dalem, Desa Adat Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Guratan tersebut terlihat di lantai utama mandala pura setempat dalam kondisi penuh lumut.

Hanya saja guratan menyerupai sisik naga yang ada di Pura Dalem Desa Adat Padangan bentuknya pun terlihat melingkar-lingkar. Terkait munculnya guratan menyerupai sisik naga tersebut, Perbekel Desa Padangan I Wayan Wardita saat dikonfirmasi Senin (11/3) malam mengatakan, jejak atau guratan mirip sisik naga itu pertama kali dilihat prajuru adat serta mangku pada Senin sore sekitar pukul 17.00 Wita.

Saat itu krama desa setempat tengah ngayah. “Saat itulah tiba-tiba dilihat ada jejak seperti liukan sisik naga dilantai utama mandala Pura Dalem,” ucapnya.

Sontak saja hal itu membuat warga kaget. Meski demikian, Wardita mengaku dirinya belum berani memastikan apakah jejak yang dilihatnya itu jejak hewan apa. Dan terkait temuan itu, rencananya pihak prajuru desa akan meminta petunjuk pada ida sesuhunan yang ada di Desa Adat Padangan. “Belum bisa kami tentukan itu jejak hewan apa, sebentar kami akan menggelar wewidian atau minta petunjuk,” ucapnya.

Baca juga:  7700 Hektar Tanaman Kopi di Pupuan Perlu Peremajaan

Wardita mengatakan saat ini Desa Adat Padangan memang tengah melaksanakan rangkaian Karya Ida Betara Turun Kabeh di Pura Puseh lan Bale Agung. Puncaknya 20 Maret 2019.

Serangkian dengan itu di Pura Dalem memang sedang ada upacara Ngalemiji (membersihkan pura dengan upakara) sehingga krama ngayah sejak Senin pagi di Pura Dalem. “Saat krama mulai ngajang banten baru ada muncul di nataran yang sudah lumutan dengan bentuk melingkar-lingkar,” bebernya. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.