DENPASAR, BALIPOST.com – Menyambut hari raya Nyepi Tahun Caka 1941, Polda Bali dan jajarannya serentak mareresik (bersih-bersih) di beberapa pura, Jumat (1/3). Seperti personel Polda Bali mareresik di Pura Uluwatu, Kuta Selatan, Polresta Denpasar di Pura Agung Jagatnatha dan Polsek Nusa Penida di Pura Penataran Ped.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja menyampaikan, untuk kegiatan bakti sosial di Pura Uluwatu dipimpin Kepala Bagian Pengedalian Operasi ( Kabagdalops ), Biroops Polda Bali AKBP I Made Arnawa dan melibatkan 100 anggota Polda dan 96 personel Polresta Denpasar. Kegiatan diawali dengan melaksanakan persembahyangan, lanjut bersih-bersih di areal Pura Uluwatu yang merupakan salah satu Pura Sad Khayangan yg terletak di ujung selatan Pulau Bali.

Selain menyambut Nyepi, lanjut Kabid Humas, kegiatan ini merupakab rangkaian pelaksanaan Dharma Santhi Nasional yang akan dilaksanakan di Art Center, 5 April mendatang. Sedangkan kerja bakti di Pura Jagatnatha Denpasar dipimpin Kabagren Polresta Denpasar Kompol Gede Genefo, diawali dengan sembahyang bersama.

Baca juga:  Jelang Pangerupukan, Ini Dilakukan Polresta

Aksi bersih-besih tersebut melibatkan ratusan personel Polri dan PNS dari Polresta serta Polda Bali. Tujuannya untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan sehingga kebersihan khususnya tempat suci tetap terjaga. “Saat ini kan kita sedang gencar-gencarnya memerangi sampah plastik. Dengan kegiatan ini mudah-mudahan masyarakat tumbuh kesadarannya untuk menjaga kebersihkan terutama mengurangi penggunaan plastik,” ujarnya.

Sementara Kapolsek Nusa Penida Kompol Nyoman Reka Sanjaya membersihkan areal Pura Penataran Ped. Selain anggota polsek, acara ngayah mareresik itu melibatkan masyarakat setempat.

Kerja bakti dilakukan hingga di areal Pura Segara. Hal ini dilakukan agar kebersihan areal pura tetap terjaga, apalagi beberapa hari lagi akan dilaksanakan upacara Melasti, Pangerupukan, Nyepi dan Ngembak Geni. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.