Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Semakin lama menjalani karier kantoran, Anda mungkin akan menyadari bahwa kebutuhan hidup semakin lama semakin meningkat. Padahal, kalau dilihat dari penghasilan yang Anda peroleh, angkanya tetap segitu-segitu saja setiap bulannya.

Kalau sudah begini, mau tak mau selain berkarier Anda juga harus mencari tambahan untuk mencukupi kebutuhan harian. Kalau Anda masih bingung bagaimana caranya, coba praktikkan beberapa usaha seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku berikut ini. Siapa tahu bisa menutupi kekurangan kebutuhan Anda setiap harinya.

1. Waralaba laundry

Anda tinggal di daerah kawasan kampus, perusahaan, atau perumahan? Kalau iya, lebih baik Anda memanfaatkan potensi tersebut untuk usaha binatu atau laundry. Kehidupan orang kantoran atau mahasiswa yang biasanya padat bisa menguntungkan sektor jasa ini karena biasanya mereka sering tak punya waktu untuk mencuci baju.

Anda bisa membuka bisnis binatu di rumah. Buatlah berbagai promo menarik agar orang-orang di sekeliling Anda tertarik. Makin terkenal usaha yang Anda rintis maka akan semakin banyak orang yang tertarik menggunakan jasa Anda. Kalau mau lebih mudah, Anda bisa beli franchise dari brand yang sudah terkenal dan tak asing di telinga untuk menarik perhatian pembeli.

2. Waralaba minimarket

Selain membuka usaha binatu, Anda juga bisa coba membuka usaha minimarket. Anda pasti sadar kan kalau waralaba Alfamart atau Indomaret saat ini menjamur di mana-mana? Bahkan, dalam hitungan meter saja, Anda sudah bisa menemukan minimarket serupa. Nah, inilah yang mengindikasikan bahwa bisnis waralaba minimarket ini menguntungkan.

Hanya saja, untuk memulai usaha yang satu ini Anda membutuhkan modal yang tak sedikit. Namun, Anda bisa coba meminjam di bank atau lembaga pinjaman uang lain yang terpercaya untuk mendapatkan modal pertama.

3. Waralaba kuliner

Hobi masak dan banyak yang bilang hasilnya enak? Kenapa tidak coba membuka usaha makanan saja? Yang namanya bisnis kuliner atau makanan bisa dibilang tak pernah sepi dari peminat. Terlebih, kalau makanan yang Anda jual memang enak. Anda bisa memulai dengan bisnis rumahan seperti menjual makanan khas daerah Anda dan sejenisnya.

Baca juga:  IRT Juga Bisa Berbisnis, Ini 7 Ide Usaha Bermodal Kecil

Namun, kalau Anda ingin menarik perhatian pengunjung dan pembeli lebih banyak, ada baiknya Anda membeli franchise dari bisnis kuliner yang sudah terkenal dan besar sebelumnya. Ada banyak, kok yang bisa Anda beli. Mulai dari franchise makanan hingga minuman.

Tinggal sesuaikan saja dengan daerah lingkungan tempat tinggal Anda. Kalau tempat tinggal Anda banyak terdapat mahasiswa dan anak sekolah, membeli franchise minuman bisa jadi pilihan tepat karena harganya biasanya pas untuk anak pelajar dan mahasiswa. Namun, apabila Anda tinggal di lingkup perkantoran, Anda bisa pilih untuk franchise makanan yang bisa mengakomodasi kebutuhan sarapan, makan siang atau makan malam para karyawan.

4. Waralaba tiket perjalanan

Selain itu, Anda juga bisa coba membuka bisnis tiket perjalanan. Saat ini banyak orang yang melakukan perjalanan baik untuk suatu urusan maupun untuk liburan semata. Tak heran kalau perputaran uang di industri ini sangat pesat. Anda bisa mengambil keuntungan yang lumayan juga dari bisnis ini.

Hanya saja, sama seperti bisnis minimarket, Anda butuh modal yang cukup besar untuk bisnis ini. Setidaknya, Anda butuh Rp100—200 juta untuk memulai bisnis perjalanan tiket ini. Kalau tak ada, Anda bisa coba pinjam dulu di bank atau lembaga pinjaman lain yang terpercaya.

Itulah beberapa bisnis sampingan yang bisa mendatangkan keuntungan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda. Kalau dana yang Anda miliki sekarang tak cukup untuk modal, Anda bisa pinjam saja di Tunaiku. Di sini, Anda bisa dapat pinjaman hingga Rp 20 juta dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.