MANGUPURA, BALIPOST.com – Sejak beroperasi di 2016, dalam upaya membangun SDM kepariwisataan terutama para Hotel General Manager di Indonesia, hingga kini Global Hospitality Expert (GHE) telah meluluskan puluhan peserta uji kompetensi standar internasional dari American Hotel and Lodging Educations Institute (AHLEI) yang tersebar di seluruh Indonesia. Bukan hanya untuk meraih prestise gelar yang berskala internasional yaitu Certified Hotel Administrator (CHA), namun saat ini program seperti ini sudah menjadi kebutuhan yang fundamental bagi seorang GM dalam memimpin suatu perusahaan hotel/resort/villa sehingga dapat bersaing secara global.

Batch pertama program CHA 2019 diselenggarakan pada Sabtu (23/2) bertempat di H Sovereign Bali. Pesertanya  4 GM dari Jogja, Jakarta dan Bali.

Baca juga:  Luncurkan Cigna Global Health, Cigna Gandeng 1.200 Rumah Sakit

Peserta menyampaikan kebanggaan dan antusias yang tinggi terhadap program ini. Seperti disampaikan Jiman Budiharja, GM Tara Hotel Jogjakarta. “Merupakan suatu kebanggaan bagi saya sebagai pimpinan hotel untuk mengikuti program peningkatan kualitas SDM untuk level GM seperti ini. Karena kami sangat sadar bahwa untuk memimpin sebuah hotel sebagai usaha bisnis, kami harus senantiasa mengembangkan strategi dalam persaingan yang semakin ketat. Dan yang terpenting untuk bisa sejajar dengan para GM asing di level internasional,” ujarnya.

Baca juga:  Bali Pulau Kecil dan Terbatas SDM, Perlu Dikelola Baik Agar Berkelanjutan

Menurut Agus Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA minat para GM untuk program international certification ini sangat tinggi. Bahkan GHE selaku global academic partner dari AHLEI harus menyiapkan jadwal untuk para GM kota-kota besar di Indonesia. “Ini adalah kontribusi kami sebagai praktisi untuk memberikan media strategis untuk rekan-rekan dalam rangka menghadapi gencarnya revolusi industri 4.0, zaman digitalisasi dan persaingan global. Kami support rekan-rekan untuk maju sebagai insan pariwisata yang berkualitas, berdaya saing tinggi dan sejajar dengan level internasional,” katanya.

Baca juga:  Diminta, Awal 2018 Penertiban Penggunaan Mobdin Diterapkan

Lebih lanjut dari penyelenggaraan CHA program ini, dapat dilihat bahwa tantangan para GM ini adalah harus menguasai seluruh department yang ada dalam operasional perhotelan. Dan CHA program ini menghadirkan 7 modules yang strategis meliputi Financial, Sales & Marketing, Room, Food & Beverages, Leadership, Human Resources dan Revenue Management.

Jajaran Proctor yang hadir untuk membimbing pelatihan ini diantaranya Agus Made Yoga Iswara, BBA, BBM, MM, CHA, I Made Ramia Adnyana, SE, MM, CHA, I Ketut Swabawa, CHA, Dewa Makapagal, SE, MM, CHA dan Fransiska Handoko, CHA, CHIA. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *