Suasana warga Badung antre di Disdukcapil untuk melakukan perekaman data kependudukan dan urusan catatan sipil. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Program Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP, belum tuntas. Ribuan warga hingga kini belum melakukan perekaman, padahal pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, telah melalukan berbagai upaya hingga jemput bola agar program pemerintah terselesaikan dengan baik.

Sesuai data yang ada jumlah penduduk di kabupaten Badung sebanyak 476.675 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk yang wajib memiliki E-KTP atau umunya diatas 17 tahun sebanyak 362.269 jiwa.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Badung Putu Suryawati, saat dikonfirmasi Jumat (22/2) membenarkan jika banyak masyarakat di Kabupaten Badung yang belum melakukan perekaman e-KTP. “Banyaknya masyarakat yang belum melakukan perekaman karena setiap harinya akan ada masyarakat yang bertambah usia. Seperti sekarang usianya 16 tahun, bulan depan atau besoknya lagi sudah 17 tahun, sehingga di usia 17 tahun mereka sudah wajib mempunyai E-KTP dengan melakukan perekaman,” ujarnya.

Diterangkan, tercatat masyarakat Badung yang sudah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 360.252 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak 177.473 dan perempuan sebanyak 182.779 jiwa. Sehingga total penduduk Badung yang belum melakukan perekaman sebanyak 2.017 jiwa, dengan rincian laki-laki sebanyak 1.081 jiwa dan perempuan sebanyak 936 jiwa.

Baca juga:  Tingkatkan Kinerja, Giri Prasta Minta ASN Badung Buat Pohon Kinerja

“Kami kini melakukan perekaman ke sekolah-sekolah. Selain melakukan perekaman di lingkungan sekolah, Disdukcapil kini rutin menyasar ke rumah-rumah,” katanya.

Disinggung mengenai, pencetakan E-KTP untuk warga yang sudah melakukan perekaman, pihaknya mengaku belum sepenuhnya tercetak. Pasalnya saat melakukan perkaman ke lapangan, pencetakan E-KTP tetap dilakukan di kantor. “Dari totalnya 360.252 yang sudah melakukan perekaman, E-KTP yang sudah di cetak sebanyak 360.123 dan sisanya yang belum kami cetak sebanyak 129,” paparnya.

Disebutkan, pencetakan E-KTP di kabupaten Badung akan terus dilaksanakan. Apalagi blanko E-KTP hingga saat ini sudah cukup tersedia. Bahkan ia menjelaskan untuk pengadaan blanko E-KTp itu langsung diadakan oleh pusat yakni Dr Ditjen Dukcapil. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.