Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora (PRG) diresmikan. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose meresmikan Kapal Polisi Prawira Raksa Ghora (PRG) dan Pospolairud Serangan, Denpasar, Rabu (20/2). Kapal PRG, menurut Golose, jenis Hovercraft XI-2017 dan mampu mengangkut 9 orang. “Kenapa kita perlu jenis kapal kecil seperti ini, pertama, kita menjaga garis pantai bukan yang di atas 200 mil. Kita di bawah 200 mil,” tegasnya.

Kalau dilihat ancaman terutama menjaga turis supaya nyaman memerlukan kapal kecil untuk bantuan evakuasi. Pasalnya kapal ini juga bisa masuk ke perairan dangkal apabila dibutuhkan untuk menolong korban.

Angka kecelakaan turis di perairan Bali walaupun tidak terlalu tinggi tapi sering terjadi dan hampir tiap tiga bulan ada. Oleh karena itu, kepolisian merasa perlu menambah armada Hovercraft ini.

Kedua, pihaknya merasa bahwa potensi laut di Bali luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari dermaga di Pulau Serangan saja, tiap hari ada turis berlibur sehingga perlu pengawasan dan patroli laut.
“Perlu saya sampaikan bahwa kami juga akan melakukan tindakan keras terutama kepada para pelaku atau pembawa narkoba lewat laut. Bagi para oportunis yang akan mengganggu keamanan pesisir pantai, Saya perintahkan supaya ditertibkan,” ujarnya.

Baca juga:  Kapolda Tegaskan Tidak Akan Keluarkan Izin Keramaian di Akasaka

Perlu diketahui, kapal jenis Hovercraft XI-2017 ini mempunyai spesifikasi teknis dapat digunakan di darat, air dan lumpur dengan kapasitas sembilan orang. Kapal ini juga memiliki kemampuan melewati medan yang berat sampai dengan 40-50 sentimeter dari permukaan tanah dan dilengkapi oleh pelindung yang terpasang pada bantalan udara di bagian kanan dan kiri.

Kapal Prawira Raksa Ghora juga dilengkapi dengan kamera surveillance untuk pencitraan panas yang berfungsi sebagai pengintai, patroli, pengamatan dan pencarian dalam kondisi cuaca yang berkabut, berasap, malam hari dan gelap. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.