Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menabung sebaiknya memang diajarkan sejak kecil untuk memudahkanmu ke depannya. Hanya saja, kebanyakan manusia milenial sekarang kurang suka menabung dan menghabiskan uangnya untuk hal percuma.

Padahal, menabung sewaktu muda itu ada banyak manfaatnya, lho! Dilansir dari Swara Tunaiku, ini dia alasan kamu harus menabung sejak dini!

1. Mengatasi Kondisi Darurat

Kamu harus tahu, berada dalam kondisi darurat tak bisa diprediksi. Bisa saja saat ini kamu sedang senang, besok malah susah sesusah-susahnya. Kalau hal ini terjadi, tentunya akan sulit bila kamu membutuhkan dana tambahan seperti untuk berobat, kan? Nah, di sinilah dana tabungan yang selama ini kamu simpan bisa sangat membantu!

2. Untuk Pergi Berlibur

Jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan kamu butuh menyegarkan diri? Kalau ya, pergi berlibur bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Dengan cara ini, kamu bisa jadi lebih segar dan kembali seperti semua. Namun, bagaimana bila kamu tak punya uang untuk berlibur? Itulah pentingnya menabung sejak dini.

Bila kamu benar-benar butuh berlibur dan melepas kepenatan, setidaknya uang yang selama ini kamu simpan bisa digunakan. Kamu bisa merencanakan liburan jauh-jauh hari karena tahu seberapa banyak dana yang kamu miliki.

3. Demi Masa Depan Cerah

Menabung nyatanya juga bisa membuat hidupmu lebih cerah ke depannya. Setidaknya kamu bisa tahu rencana hidupmu ke depan dengan uang yang dimiliki. Mau uang itu dibuat usaha atau hal lainnya, bisa. Jadi, ketika usiamu belum dua puluh tahun dan sudah berpenghasilan, tak ada salahnya menyisihkan sedikit untuk tabungan masa depan itu.

4. Bisa Menambah Penghasilan

Siapa bilang menabung membuat uangmu berkurang? Itu tidak benar. Malah sebaliknya, uang kamu bisa bertambah bila menggunakannya untuk investasi. Ada beberapa bentuk investasi tabungan yang bisa kamu ambil seperti deposito, reksadana, emas, properti dan lainnya. Beberapa model investasi ini bisa mendatangkan keuntungan berlipat untuk kamu.

Baca juga:  PKB Ke-40 Diisi Lomba Gender Wayang Remaja

5. Menghilangkan Stres

Ternyata, menabung juga bisa membantumu untuk menghilangkan stres. Maksudnya? Memang bukan secara langsung, tetapi untuk menghindari stres itu berkelanjutan. Misalnya, bila terjadi hubungan tak sehat antara kamu dan pasangan yang mengakibatkan perceraian.

Bisa juga karena salah satu dari anggota keluargamu meninggal dan ternyata dia adalah tulang punggung keluarga. Setidaknya, dana yang kamu miliki tersebut bisa menjauhkan kamu dari stres akibat persoalan keuangan yang diakibatkan permasalah tersebut.

6. Mengatasi Kehilangan Pekerjaan

Kamu nyaman dengan pekerjaanmu selama ini? Belum tentu bosmu, lho! Bisa saja, ternyata pekerjaanmu selama ini tak bagus sehingga ia terpaksa merumahkanmu. Bisa juga karena kondisi keuangan perusahaan yang memang tak baik. Nah, kalau saat ini terjadi, tentunya akan pusing bila harus mencari pekerjaan baru, kan?

Belum tentu juga kamu bisa langsung dapat. Beruntungnya bagi mereka yang memiliki tabungan, bisa menggunakan tabungan tersebut untuk biaya hidup sementara. Bagi yang tabungannya banyak, juga bisa menggunakannya untuk usaha sehingga tak perlu cari kerja lagi.

7. Menghindari Gaya Hidup Berlebihan

Gaya hidup berlebihan saat ini memang mudah sekali ditemukan, terlebih di masyarakat perkotaan. Kalau kamu mau terhindar dari gaya hidup seperti itu, menabung bisa jadi salah satu solusinya. Dengan menabung sejak dini, kamu sudah bisa menerapkan pola hidup hemat sejak kecil. Pola hidup hemat, ya! Bukan pelit.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila sudah belajar menabung di usia dini. Menabung sejak remaja bisa membuat masa depanmu lebih baik. Terlebih, bila kamu bukan tipe orang yang suka kerja di kantor. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.