Kepala BNNP Bali, Brigjen Pol Suastawa memberikan materi terkait bahaya narkoba. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Masyarakat mesti melek terhadap dampak narkoba sehingga tidak terpengaruh bujuk rayu sindikat barang terlarang tersebut. Pasalnya pengguna barang haram tersebut akan mengalami perubahan perilaku karena dampak langsung narkoba bagi kejiwaan, diantaranya depresi, gangguan jiwa berat (psikotik), bunuh diri dan kejahatan.

“10 persen individu yang telah menggunakan narkotika akan mengalami gangguan penggunaan zat dan perubahan perilaku,” kata Kepala BNNP Bali Brigjen Pol. Putu Gede Suastawa, Rabu (13/2), saat menghadiri kegiatan anggota Purna Paskibraka Bali di Denpasar.

Menurut Brigjen Suastawa, ada lima tantangan generasi milenial, yaitu lapangan kerja semakin sempit, kebutuhan hidup yang semakin tinggi, kesenjangan kepercayaan diri, sikap yang semakin individualistis, serta terakhir lingkungan alam yang semakin rusak. “Kita harus bisa mengolah tantangan ini, termasuk mengatakan tidak pada narkoba,” tegasnya.

Baca juga:  Ortu Terdakwa Pingsan Dengar Vonis Anaknya Dipenjara 2,5 Tahun

Menyadari nilai strategis potensi sumber daya manusia (SDM) Paskibraka Bali, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas, BNNP Bali bekerja sama dengan Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali. Sinergitas ini dilakukan sebagai tindak lanjut MoU antara BNN RI dan PPI.

Suastawa mengatakan, PPI Bali merupakan kaum milenial dan menjadi generasi penerus bangsa, serta calon-calon pemimpin di masa depan. “Para perwakilan Purna Paskibraka adalah individu-individu terpilih sebagai petugas pengibaran bendera. Sehingga menjadi Paskibraka adalah sebuah proses yang tidak mudah. Ada proses seleksi yang panjang disana dari sisi mental, spiritual, keterampilan dan pengetahuan. Tentunya Purna Paskibraka memiliki mental yang lebih bersaing dari pada yang lainnya,” tandasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.