Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto (kiri) menerima kunjungan Tim Wasrik Post Audit Inspektorat Jenderal TNI AD. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, menerima kunjungan Tim Wasrik Post Audit Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (AD), Senin (11/2). Kegiatan tersebut sangat penting, salah satunya untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran program satuan.

Kehadiran Tim Wasrik Post Audit Itjenad ini bertujuan untuk melaksanakan fungsinya pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik). Peran tim ini sangat penting dalam sistem manajemen organisasi modern dan kualitas fungsi pengawasan tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan tugas suatu organisasi.

Termasuk tugas organisasi militer di lingkungan satuan TNI-AD jajaran Kodam IX/Udayana. “Wasrik ini juga merupakan salah satu upaya untuk membantu para pimpinan satuan dalam mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan tugas, serta fungsi yang telah dijalankan sesuai dengan program yang telah disusun sebelumnya,” tegas Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G.

Pada kesempatan baik tersebut, kata Kapendam, Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto menyampaikan kegiatan Wasrik Post Audit Itjenad sangat penting dilakukan untuk memastikan satuan jajaran Kodam dalam melaksanakan tugas telah mempedomani program yang telah ditetapkan, taat azas dan aturan. Selain itu Wasrik ini juga berperan sebagai pengawasan secara internal yang sangat bermanfaat bagi satuan yang menjadi objek pemeriksaan sebelum diperiksa oleh pengawas eksternal.

Baca juga:  Kejari Bidik Dugaan Penyimpangan BPPD Rp 4 Miliar, Sejumlah Pejabat Badung Diperiksa

Untuk itu dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, Pangdam mengajak supaya menciptakan suasana kerja yang harmonis, saling terbuka dan percaya, serta ada komunikasi timbal balik yang baik.

Apabila Tim Wasrik menemukan adanya kekurangan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran, Benny Susianto berharap ada koreksi sekaligus arahan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyempurnaan. Tujuannya agar kualitas pertanggungjawaban keuangan dan pelaksanaan kinerja di lingkungan Kodam IX/Udayana dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.