Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada hakikatnya, semua orang sama-sama berpeluang untuk berinvestasi. Untuk memulainya, kamu tidak perlu bingung. Kini, banyak cara atau tips investasi yang terpampang di internet. kamu akan menemukan banyak bantuan.

Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa tidak semua orang mampu meraih sukses lewat investasi. Semuanya bergantung pada strategi serta keuntungan yang dimiliki. Dikutip dari Swara Tunaiku, ini 6 karakter sukses yang wajib kamu miliki untuk berinvestasi.

1. Mau belajar

Agar mampu menjadi investor, kamu perlu mempunyai kemauan atau hasrat untuk mempelajari hal baru. Mengapa? Dalam mengambil keputusan, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal berdasarkan pengetahuanmu. Agar tidak salah langkah, alangkah lebih baik apabila mempunyai pengetahuan luas dalam dunia investasi.

Dengan pengetahuan luas tentang investasi, kamu akan mampu menyusun serta merencanakan strategi yang baik ke depannya. Kamu dapat memetakan segala sesuatu untuk menghasilkan keputusan yang matang agar minim risiko.

2. Tidak tergesa-gesa

Poin yang kedua adalah harus sabar dalam pengelolaan keuangan. Janganlah terburu-buru dan asal mengikuti tren investasi saja. Hal tersebut justru akan merugikanmu. Di samping itu, kamu juga harus mampu mengendalikan diri yang ingin segera mencairkan hasil investasi hanya demi memenuhi kebutuhan konsumtif.

Hal tersebut harus segera dihilangkan. Ubahlah mindset-mu. Kesabaran sangat diperlukan agar kamu tidak salah mengambil langkah dan keputusan. Semua membutuhkan pertimbangan, terlebih soal investasi. Keuntungan pasti ada dan semakin besar ketika kamu mengambil keputusan tepat. Jadi, janganlah tergesa-gesa.

3. Mempunyai target yang jelas

Kamu tak boleh berinvestasi hanya karena ingin melakukannya saja. Kamu perlu target serta tujuan yang ingin dicapai lewat kegiatan investasi. Dengan target yang jelas, kamu mampu menentukan serta merencanakan strategi investasi dengan tepat. Tak hanya itu, target juga membuatmu semakin tekun dalam berusaha.

Baca juga:  Ini Sasaran Investasi Pariwisata Arab Saudi

Itulah manfaat target yang sangat besar bagi pencapaian dalam berinvestasi. Jadi, karakter mempunyai target yang jelas haruslah diterapkan agar investasi berjalan lancar. Keputusan yang diambil juga visioner atau mengarah ke depan dan berkelanjutan.

4. Disiplin

Karakter berikutnya adalah disiplin karena sangat diperlukan agar kamu mampu bersikap konsisten serta berkomitmen menjalankan strategi investasi yang disusun sejak awal. Dengan kedisiplinan tersebut, kamu tidak akan mudah untuk tergiur nafsu atau hasrat dalam memenuhi kebutuhan komsumtif.

5. Tidak mudah menyerah

Manusia bukan makhluk sempurna karena akan ada masanya ketika kamu mengambil langkah ataupun keputusan yang salah hingga berujung pada kegagalan. Ketidaktahuan akan risiko menjadi hal yang umumnya terjadi. Pada tahap ini, kamu membutuhkan karakter untuk tidak mudah menyerah terhadap keadaan bagaimanapun itu.

Tidak sedikit investor yang jatuh, kemudian bangkit kembali untuk meraih kesuksesan. Akan Sifat pantang menyerah akan membuatmu merasa mampu bangkit serta belajar dari kesalahan yang sebelumnya sudah kamu lakukan. Jadikan kegagalan sebelumnya tersebut sebagai batu pijakan dalam mencapai keberhasilan.

6. Tidak serakah

Mempunyai target untuk mencapai hasil terbaik serta banyak keuntungan bukanlah suatu masalah. Akan tetapi, ketika mulai serakah, kamu mudah jatuh dalam kegagalan. Hal tersebut disebabkan karena keserakahan yang membuatmu menghalalkan segala cara dan akhirnya bermuara pada keputusan yang salah.

Keputusan yang dibuat karena keserakahan dan tidak berpikir panjang itulah yang membawamu pada kegagalan. Jadi, kamu harus tetap mengendalikan diri dan fokuslah pada tujuan awal.

Sebenarnya, semua kegiatan investasi apapun jenisnya berpotensi terkena risiko dengan tingkatnya masing-masing. Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa meminimalisir risiko tersebut. Untuk itu, jadilah investor cerdas dengan memperbanyak pengetahuan tentang investasi. Itulah caranya agar kamu tidak selalu rugi. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.