Kapolda Bali mengajak sejumlah anggota kepolisian melakukan outward bound di Bedugul. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mempersiapkan diri dalam pengamanan Pesta Demokrasi 2019, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengajak 76 personelnya dari pangkat Kompol, AKBP dan Kombes mengikuti outward bound di Danau Beratan, Bedugul, Tabanan. Para perwira ini diuji membuat rakit dari batang bambu dan drum.

“Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 sampai 6 Pebruari 2019. Tujuan utamanya untuk meningkatkan soliditas internal dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019,” kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, Rabu (6/2).

Kata Kabid Humas, upacara pembukaan outward bound dipimpin Kapolda Irjen Petrus Reinhard Golose di halaman depan Mapolda Bali, Selasa (5/2). Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan outward bound ini bertujuan untuk membangun kerja sama antar personel Polda untuk menciptakan iklim kerja positif dalam rangka terwujudnya soliditas internal, khususnya dalam menghadapi pengamanan pesta demokrasi 2019.

Menurutnya, menghadapi masa kampanye saat ini, akan sangat baik apabila personel merefresh terlebih dahulu jasmani dan rohaninya. Dengan demikian tidak ikut memanas menjelang pesta demokrasi April mendatang. “Bapak Kapolda menegaskan kegiatan sangat tepat untuk melatih kembali kemampuan personel dalam bekerja sebagai tim dalam organisasi dengan materi pelatihan berupa leadhership, partnership dan followersnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Capai 80 Ribuan, Ini Kata Kapolda Terkait Jumlah Peserta MRSF

Kegiatan ini mendatangkan narasumber dan tutor yang berpengalaman, yaitu Kolonel (Purn) Herman Rasjid dan Fred Summampow. Selain itu mereka pernah mengikuti pelatihan outward bound di Amerika Serikat.

Konsep kegiatan ini tidak seperti outbound pada umumnya, yang lebih mengedepankan permainan. Namun para peserta dihadapkan dengan tantangan yang nyata. Oleh karena itu, para peserta naik-turun perbukitan dengan tantangan hujan.

Tantangan inilah yang akan dihadapi para peserta ketika mereka bertugas, salah satunya saat pengamanan Pemilu 2019. Selain menguji kemampuan kepemimpinan peserta, kegiatan ini juga sebagai wadah pembentukan karakter, seperti leadership, partnership dan followership.

Selama outward bound, para peserta menunjukkan kreativitas dan soliditasnya dalam team work. Para peserta dilatih memanfaatkan batang pohon bambu dan drum untuk dijadikan rakit serta dayung. Selanjutnya mereka mengambil bendera yang dipasang di tengah Danau Beratan. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.