Dandim 1610/Klungkung yang baru, Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Tapuk pimpinan Kodim 1610/Klungkung kembali berganti. Setelah cerita panjang kepemimpinan Dandim Letkol Kav. Jacob Janes Patty di Klungkung, kursi dandim resmi berganti kepada Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon. Keduanya resmi melakukan itu melalui proses pisah sambut yang dipusatkan di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Senin (4/2) lalu.

Pada kesempatan itu, Kolonel Kav. Jacob Janes mengatakan Klungkung sebagai kabupaten yang amat memiliki kesan panjang dalam kariernya. Setelah mengakhiri tugas di Bumi Serombotan, Kolonel Kav. Jacob Janes Patty selanjutnya akan menjabat sebagai Kasrem 163 Wirasatya di Korem Denpasar. Ia mengaku terkesan selama bertugas di daerah yang dulunya sebagai episentrum kerajaan dan kebudayaan Bali ini.

Pengalaman paling berkesannya adalah dalam penanganan para pengungsi Gunung Agung, saat gunung tertinggi di Bali itu mengalami erupsi dan dampaknya dirasakan setahun lebih. Kerjasama dan kesigapan semua pihak di Klungkung saat menangani para pengungsi erupsi Gunung Agung, cukup membuat catatan berkesan dalam kariernya. “Kerjasama semua pihak saat menangani pengungsi Gunung Agung sangat luar biasa dan saya sangat terkesan, sehingga para pengungsi saat itu dapat tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Kerjasama pemerintah, FKPD dan masyarakat juga terjalin baik. Sehingga tercipta rasa aman dan damai. Berkat kerjasama yang baik pula, Kodim 1610 Klungkung saat itu mampu menjadi Kodim dengan peringkat terbaik se-Indonesia. Menurutnya, Klungkung yang rutin memperoleh prestasi ditingkat nasional telah memberikan vibrasi positif kepada lembaga lain di wilayahnya, sehingga Kodim yang dipimpinnya ikut memperoleh penghargaan di tingkat nasional.

Baca juga:  Dandim 1616 Gianyar Kini Dijabat Letkol Kav Asep Noer Rokhmat

Dandim 1610/Klungkung yang baru, Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon juga mengaku terkesan dengan Klungkung. Berdasarkan penelusurannya, Klungkung dikenal sebagai salah satu kabupaten yang luar biasa, dengan catatan pencapaian diatas rata-rata kabupaten/kota lain di Bali. Setelah menginjakkan kaki di Klungkung, menurutnya masyarakatnya juga komunikatif dan dinamis. Dia berharap bisa meneruskan program gemilang dandim yang lama dan menyempurnakan kekurangannya.

“Mohon dukungan semua pihak dalam menjalankan tugas di kabupaten Klungkung,” ujar Perwira kelahiran Medan, 8 Pebruari 1979 ini.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat hadir dalam pada kesempatan itu, mengucapkan terima kasih kepada  Letnan Kolonel Kav. Jacob Janes Patty atas pengabdian dan kerjasama yang terjalin selama bertugas di Klungkung. Berkat kerjasama yang baik semua pihak, situasi di Klungkung selama ini telah berjalan kondusif serta cukup aman dan damai. Sementara, kepada Letkol CZI. Paulus Joni Simbolon, Bupati Suwirta menyampaikan selamat datang dan berharap desain programnya dapat tetap sejalan dengan aksi Gema Santi Pemkab Klungkung. Salah satunya, sinergi dalam pembuatan rumah untuk keluarga miskin. (bagiarta/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.