Peta pengalihan arus lalin selama pelaksanaan Balingkang Kintamani Festival. (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Arus lalu lintas Bangli-Singaraja akan dialihkan selama beberapa jam pada Rabu (6/2). Pengalihan arus dilakukan sehubungan dengan digelarnya Festival Balingkang Kintamani di jaba Pura Ulun Danu Batur, Desa Pakraman Batur, Kintamani.

Demi kelancaran pelaksanaan festival yang akan dihadiri ribuan turis Cina tersebut, truk pengangkut galian C dilarang beroperasi mulai dini hari.

Kasubag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi Selasa (5/2) mengatakan, terkait dengan pelaksanan Festival Balingkang Kintamani, Polres Bangli telah menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalin. Sesuai rencana yang disusun, kendaraan yang datang dari arah Singaraja menuju Bangli, Gianyar, Denpasar, akan dialihkan di Simpang Tiga Puskesmas 1 Kintamani / Desa Belancan belok kanan tembus di Simpang Empat Pludu, Desa Bayung Gede.

Baca juga:  Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Bangli Maksimalkan Tracing

Sedangkan kendaraan yang datang dari arah Bangli, Gianyar, Klungkung, Karangasen menuju Kintamani / Singaraja, sampai di Simpang Tiga Restoran Maharaja dialihkan belok kiri. Dari Simpang Tiga Desa Bayung Gede selanjutnya kendaraan dialihkan belok kanan sampai di Simpang Empat Pludu dan diarahkan belok kanan sampai di Simpang Tiga Gunung Kunyit kemudian belok kiri sampai di Simpang tiga KUD. “Pengalihan arus lalin ini diberlakukan mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 wita,” kata Sulhadi.

Baca juga:  Ketua LPD Pacung Ditahan

Selain pengalihan arus lalin, demi kelancaran pelaksanaan festival diberlakukan juga larangan bagi kendaraan truk pengangkut galian C untuk beroperasi di wilayah Kintamani. Larangan untuk truk galian C diberlakukan mulai Rabu dini hari pukul 01.00 wita.

Selama festival berlangsung, Polres Bangli menghimbau kepada masyarakat Batur agar tidak parkir di sepanjang jalan dari depan Pura Ulun Danu Batur sampai di Simpang Tiga Katung. “Bagi kendaraan peserta festival diarahkan parkir di tempat Parkir Tunon, Desa Batur, Kintamani,” kata Sulhadi.

Baca juga:  Tak Sesuai Dokumen, Satu Truk Jeroan dan Kikil asal Jombang Diamankan

Sementara itu, untuk mematangkan pelaksanaan Balingkang Kintamani Festival, pada Senin (4/2) dilaksanakan rapat kooordinasi di Kantor Disparbud Bangli. Dalam rapat itu terungkap bahwa acara Balingkang Kintamani Festival yang pertamakali diadakan di Bali akan dihadiri sekitar 150 orang tamu VIP dan 1.500 wiasatawan Tiongkok. Sejumlah personil Polres Bangli, Kodim 1626 Bangli, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bangli dilibatkan untuk mengamankan jalannya festival. (dayu rina/balipost)

 

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *