NEGARA, BALIPOST.com – KMP Pratitha IV yang membawa ratusan penumpang kandas di perairan Gilimanuk akibat arus deras Sabtu (2/2). Kapal jenis Roro yang mengangkut 1 sepeda motor, 5 kendaraan kecil, 4 truck mini, 2 truck sedang, 2 bus sedang dan 6 bus besar ini kandas sekitar pukul 03.10 WITA saat kapal hendak sandar di dermaga LCM Gilimanuk.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun untuk antisipasi ratusan penumpang dievakuasi oleh tim SAR Jembrana. Dari informasi yang dihimpun, kapal bertolak dari dermaga LCM Pelabuhan ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk kandas sekitar 0.25Nm dari pelabuhan LCM Gilimanuk.

Kapal ini mengangkut 383 orang penumpang dan 20 ABK. Karena kandas di perairan dangkal, kapal tak dapat bergerak.

Baca juga:  Akibat Gempa 7,0 SR, 21 Desa Terisolir

Kendati masih terpantau aman dari pelabuhan Gilimanuk, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Pos TNI AL Gilimanuk, Polair Polres Jembrana, ASDP Pelabuhan Gilimanuk, KPLP Pelabuhan Gilimanuk, Polsek KP3 Pelabuhan Gilimanuk dan BPTD Gilimanuk mengerahkan 4 speed Boat untuk melakukan evakuasi. Evakuasi ratusan penumpang ini berlangsung sekitar 5 jam hingga pukul 08.00 Wita.

Total petugas mengevakuasi 383 orang. Koordinator Pos SAR Jembrana, Komang Sudiarsa mengatakan seluruh penumpang serta ABK dalam kondisi baik. “Sementara semua penumpang ditempatkan diruang VIP ASDP Gilimanuk,” imbuhnya. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.