Ilustrasi. (BP/dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Orang yang hamil tentu tak boleh memikirkan banyak hal jika ingin kesehatannya dan bayi yang dikandung baik-baik saja. Kalau keuanganmu masih bermasalah, seharusnya kamu memiliki rencana finansial terlebih dulu sebelum hamil.

Sebab, faktor finansial ini juga bisa menjadi kebahagiaanmu. Daripada stres, dikutip dari Swara Tunaiku, ini hal yang bisa kamu lakukan selama hamil!

1. Meninjau Bujet

Kamu bisa susun ulang anggaran wajib saat sudah menikah. Hal ini penting untuk pasangan yang akan memiliki anak. Buat sumber pemasukan dan pengeluaran dan tinjau ulang mana yang harus ditambah dan dikurangi agar kamu bisa memiliki tabungan untuk Si Kecil nantinya.

2. Membayar Utang

Memiliki utang? Sebaiknya, kamu dan pasangan juga membayar semua utang lebih dulu agar stres minggat. Bayar utang yang bunganya lebih tinggi dulu. Setelah itu, barulah bayar bunga utang rendah. Bila masih ada sisa, kamu bisa menabungnya saja. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengamankan keadaan finansial ke depannya.

3. Cuti Hamil dan Pengaturan Kerja

Dalam perencanaan kehamilan, sebaiknya kamu coba ambil cuti hamil. Diskusikan hal ini sebaik-baiknya dengan HRD perusahaan tempat kamu bekerja dan sesuaikan waktunya dengan kebutuhan keuangan. Lebih baiknya, kamu menyiapkan dana terlebih dulu sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja sementara dan fokus mengasuh anak.

4. Meninjau Tabungan dan Investasi

Saat kamu memiliki anak nanti, percayalah, pengelolaan keuangan kamu akan berubah. Begitu juga dengan tabungan dan investasi yang kamu miliki. Oleh sebab itu, cobalah edukasikan dirimu dengan finansial tambahan saat memiliki anak seperti dengan mencoba tabungan pendidikan.

Jangan lupa, masukkan juga beberapa hal kecil dalam anggaran tambahan tersebut seperti kebutuhan makanan Si Kecil, pampers, hingga susunya. Gunanya tentu saja agar keuanganmu ke depannya bisa lebih aman.

Baca juga:  Jasad Bayi Laki-laki Ditemukan di Kawasan Nusakambangan

5. Membeli Preloved Nursery Items atau Meminjam dari Orang Terdekat

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhemat termasuk untuk kebutuhan perlengkapan sebelum dan sesudah kelahiran. Bila kamu memiliki keluarga atau teman yang telah melahirkan sebelum kamu, tak ada salahnya kamu meminjam semua barang kebutuhan yang sebenarnya tak mereka butuhkan lagi itu.

Misalnya saja, baju hamil, pakaian baju, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa hemat lebih banyak. Namun, bila tak ada, kamu bisa membeli barang preloved atau bekas saja. Masih banyak barang yang bagus dan bersih di luar sana untuk perlengkapan ini, kan? Namun, pastikan kamu mencucinya sebelum menggunakan agar aman, ya!

6. Komunikasikan dengan Keluarga tentang Hadiah Kelahiran Bayi

Ketika melahirkan, biasanya teman atau keluarga suka memberi hadiah. Tak jarang hadiah tersebut memiliki fungsi yang bermanfaat untuk Si Kecil. Meski begitu, kadang ada juga yang tak bermanfaat. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu menginformasikan pada sahabat atau keluarga terdekat soal kebutuhan sehingga kamu bisa cegah hadiah sama atau tak dibutuhkan.

7. Buat Rencana Asuransi

Memiliki bayi artinya kamu sedang membangun sebuah keluarga. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mencari perlindungan salah satunya dengan asuransi yang bisa meliputi kebutuhan sebagai keluarga. Bukankah kamu tak pernah tahu apa yang bisa terjadi ke depannya pada kamu dan keluarga, kan?

Itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tak stres selama masa kehamilan karena memikirkan masalah keuangan. Selamat mencoba! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.