Sejumlah kendaraan roda dua saat antre di loket pelabuhan Gilimanuk. akhir tahun ini orang dan kendaraan yang keluar Bali meningkat. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Jumlah orang dan kendaraan yang keluar Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk sejak libur Natal awal pekan lalu mengalami peningkatan. Bahkan jumlahnya juga naik bila dibandingkan momen yang sama setahun lalu. Hal ini diperkirakan libur panjang serta cuti bersama yang terjadi pada pekan ini. Sehingga banyak orang maupun kendaraan yang keluar Bali. Di sisi lain kendaraan yang masuk Bali justru masih normal.

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Nyoman Subawa, Kamis (27/12) mengatakan, untuk kendaraan dan orang yang masuk ke Bali masih terbilang lancar. “Belum ada peningkatan signifikan, tapi kalau untuk yang keluar Bali justru banyak sejak Natal lalu,” tandas Kapolsek.

Banyaknya kendaraan yang keluar Bali kemungkinan besar karena libur panjang di mulai awal pekan lalu. Sementara diperkirakan kendaraan yang masuk akan mengalami peningkatan pada akhir pekan ini.

Dari informasi yang dihimpun di Posko ASDP Cabang Ketapang-Gilimanuk selama tiga hari mulai Selasa (25/12) hingga Kamis (27/12) pagi, puluhan ribu orang atau penumpang keluar Bali. Rinciannya, penumpang yang telah menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang mencapai 66.892 orang. Jumlah itu naik 3 persen dari total penumpang 65.029 orang dibanding tahun lalu. Kendaraan roda dua juga mengalami peningkatan, sebanyak 6.426 unit. Atau naik 24 persen dari tahun lalu sebanyak 5.180 unit.

Baca juga:  Kabaharkam Polri Cek Arus Mudik Lebaran 2019

Sementara untuk roda empat justru mengalami penurunan sekitar 9 persen. Tahun ini mobil campuran sebanyak 8.380 unit. Sementara tahun sebelumnya 9.216 unit.

Diprediksi secara keseluruhan akan ada peningkatan jumlah pengguna jasa di Selat Bali. Untuk penumpang diprediksi naik 1 persen dari total 121.343 di tahun 2017 lalu, mobil atau kendaraan kecil 2 persen dari 17.760 unit dan R2 naik dua persen dari 11.404 unit. (surya dharma/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.