Gubernur Bali, Wayan Koster saat menghadiri pembukaan Udayana Outlook 2019, Jumat (21/12) di kampus Unud Jimbaran. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com –  Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga penting yang harus diberdayakan dalam pembangunan Bali. Hal itu perlu dilakukan supaya pembangunan di Bali bisa jalan bersama sama. Untuk itu, tentu harus ada sinergi serta komitmen yang kuat secara bersama dari semua pihak.

Menurut Gubernur Bali, Wayan Koster sejumlah kepentingan strategis untuk membangun Bali, sudah ada penopangnya di perguruan tinggi. Karena, disana terkumpul SDM yang memiliki pendidikan yang bagus. “Bagaimana melink-kan antara kepentingan daerah dengan fungsi perguruan tinggi. Bahkan selama ini semua saling berjauhan, salin jalan sendiri-sendiri. SDM yang ada harus diberdayakan,” ucapnya.

Seperti misalnya, di bidang pertanian, Pemprov Bali akan bersinergi dengan Unud untuk mebuat budidaya hasil pertanian. Kalau tidak cukup tentu akan dikerjasamakan dengan perguruan tinggi lain. Tidak hanya terkait pangan di hulu, namun sampai ke hilir. Bagaimana hasil pertanian lokal bali bisa meningkatkan perekonomian masyarakat bali.

Dalam visi yang diusung, nangun sad kerti loka bali, semua akan disinergikan dengan perguruan tinggi. Maka kedepan akan dirumuskan program antara pemerintah darah dengan perguruan tinggi, termasuk researchnya. Jangan hanya research atau penelitian dilakukan untuk kepentingan jabatan fungsional. Konteks pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, tidak hanya dosen yang dilibatkan. Namun mahasiawa juga harus dilibatkan

Baca juga:  Rakyat Bali Minta Gubernur Tak Keluarkan Rekomendasi Reklamasi Untuk TWBI

“Harus bisa tidak hanya untuk kepentingan internal, namun hasil penelitian itu harus bisa untuk membangun Bali dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Bali,” katanya saat menghadiri pembukaan Udayana Outlook 2019, Jumat (21/12) di kampus Unud Jimbaran.

Rektor Unud, AA Raka Sudewi menyampaikan, tujuan dari Udayana Outlook 2019 adalah untuk mengkomunikasikan antara Iain keberadaan aset-aset negara yang dukelola Universitas Udayana, layanan-layanan Universitas Udayana yang dapat diberikan kepada masyarakat. Selain itu pencapaian Universitas Udayana selama tahun 2018 dan prospek atau kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2019.

Terkait dengan visi Unud yaitu “Terwujudnya Perguruan Tinggi yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya” termasuk pola llmiah Pokok-nya yaitu Kebudayaan menjadikan Universitas Udayana selaras dengan keberadaan Bali yang perekonomiannya ditunjang oleh industri pariwisata Budaya.(yudi karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.