DENPASAR, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan dari Hungaria terus meningkat. Bahkan kunjungan dari Eropa Tengah tersebut ke Bali saat ini sudah mendekati angka sepuluh ribuan wisatawan.

Hal tersebut terungkap saat adanya pertemuan dan perjanjian antara pemerintah Hungaria melalui kedutaannya dengan Bali, yang diwakili langsung Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati di Sanur, Selasa (18/12).
“Kita berharap hubungan antara Bali dengan Hungaria, khususnya dalam bidang ekonomi terus ditingkatkan kendati angka eksport beberapa tahun terakhir menunjukkan penurunan,” tandas Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Namun demikian, kedepannya dia yakin bahwa, terutama dalam hal teknologi, khususnya untuk pengusaha menengah sangat baik menjalin hubungan dengan Hungaria. Dengan adanya MoU yang melibatkan pengusaha lokal, diharapkan antar mereka selalu saling memfasilitasi baik dalam hal promosi melalui provider maupun dalam bentuk dukungan lainnnya.

Sementara Duta Besar Hungaria untuk Republik Indonesia, H.E. Ms. Judit Pach., didampingi Konsul Kehormatan Hungaria sekaligus menjabat Badung Tourism Promotion Board, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, menjelaskan bahwa MoU itu dilatarbelakangi jumlah kunjungan wisatawan Hungaria ke Bali terus melonjak. Sehingga perlu ditingkatkan dalam hal hubungan ekonomi, infrastruktur, industri, termasuk teknologi dan start ups – start ups. “Bali di Hungaria sekarang menjadi The Most favorite tourism destination. Mereka sekarang akan ke Bali. Dari 12 juta penduduk Hungaria, hampir 40%-nya suka traveling. Selama ini Bali belum dikenal,” jelas Rai Suryawijaya.

Baca juga:  Target 8 Juta Wisatawan, Kemenpar Buatkan Branding Mempromosikan Bali

Ditambahkan, dengan dijadikannya dia sebagai konsul kehormatan oleh pemerintah Hungaria, pihaknya terus akan menggenjot kerjasama. Tidak hanya pada sektor pariwisata semata, namun juga teknologi, pendidikan, kebudayaan, perdagangan dan investasi. “Banyak investor yang mau berinvestasi di Bali. Maka dari itu, hubungan ini dijalin mulai dari pertemuan dengan gubernur, dan duta besar untuk menjalin kerjasama yang lebih erat,” sebutnya.

Ia mengatakan hubungan antara Hungaria dengan Indonesia sudah berlangsung sejak 1962. Kedepannya, kata Rai Suryawijaya, pihaknya akan meningkatkan kunjungan wisatawan Hungaria ke Bali. Bahkan dia menarget ada kenaikkan hingga 20%. (Miasa/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.