NEGARA, BALIPOST.com – Rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dilaksanakan di Polres Jembrana, Jumat (14/12) sore. Rapat dibuka Kapolres Jembrana AKBP Budi P Saragih.

Rapat koordinasi dengan Instansi terkait dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2018 dan Tahun baru 2019. Rapat juga dihadiri Kakankesbangpol Kabupaten Jembrana mewakili Bupati Jembrana, Dandim 1617/Jembrana diwakili oleh Kasdim Jembrana, para Kabag, Kasat, Ketua MPAG Kabupaten Jembrana, dari PHDI, Kementrian Agama, Pendeta, Dewan Paroki Kabupaten Jembrana, ASDP Gilimanuk, Basarnas, Senkom, Dishub, dan Wadanyon C Brimob Gilimanuk.

Kapolres Jembrana AKBP Budi P Saragih, mengatakan rakor dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan menjalin sinergitas sehingga perayaan Natal dan tahun baru dapat berjalan dengan aman dan lancar. Umat yang merayakan hari Natal juga dapat melaksanakannya dengan penuh hikmad.

Dalam pengamanan hari Natal 2018 dan tahun baru 2019, katanya, Polri menggelar operasi terpusat dengan sandi operasi “Operasi Lilin Agung 2018” yang akan dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia selama 12 hari. Operasi mulai 21 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019.

Polres Jembrana sebelum melaksanakan operasi akan menggelar Apel Gelar Pasukan. Dalam Operasi Lilin Agung 2018 ini Polres Jembrana akan membuat 6 Pos Pam.

Baca juga:  Akhir Tahun, Wisdom Mulai Menyeberang ke Bali

Rinciannya, di wilayah Pekutatan satu pos pam, di wilayah Mendoyo satu pos pam, di wilayah Negara dua pos pam dan di wilayah Melaya dua pos pam. Sedangkan untuk di Gilimanuk di buat satu pos terpadu dan satu pos Pelayanan yang akan di tempati oleh personil pengamanan yang dilibatkan dalam Ops Lilin Agung 2018.

Bertepatan dengan Perayaan Natal dan tahun baru ini umat Hindu juga melaksanakan hari raya Galungan. Diharapkan agar seluruh stakeholder menjalin kerjasamanya sehingga perayaan Natal dan tahun baru serta hari raya Galungan bagi umat Hindu dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Khusus di Gilimanuk diharapkan
agar Kapolsek Gilimanuk dan Brimob serta instansi terkait lainnya dapat membantu pengamanannya. Apalagi
menjelang hari raya arus lalulintas ke Bali akan meningkat. “Lakukan pengamanan termasuk jalur Denpasar – Gilimanuk juga agar menjadi atensi kita semua, karena jalan jalur utama sudah banyak yang rusak agar menjadi perhatian kita untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas,” jelas Kapolres.

Pihak ASDP Gilimanuk menyampaikan pelabuhan siap dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru. Sementara itu, Pihak Gereja Protestan menyampaikan bahwa berkenaan hari Natal, terdapat 33 Gereja Protestan di Jembrana. Untuk pelaksanaan ibadah akan dikoordinasikan dengan Bhabinkamtibmas sehingga dapat diketahui pihak Polri untuk pengamanannya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.