Kapal yang dipersiapkan untuk mengangkut penumpang saat Nataru. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Menjelalang pelaksanaan Natal dan Tahun Baru, sejumlah persiapan dilakukan pihak BPTD Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Padangbai. Salah satunya, penyiapkan puluhan kapal untuk mengangkut penumpang yang hendak menyebrang. Puluhan kapal yang disiapkan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

Koordinator Satuan Pelayanan BPTD Wilayah XII Bali-NTB Nyoman Agus Sugiantara, mengatakan, saat Natal dan Tahun Baru, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 37 unit armada kapal untuk mengangkut penumpang menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kata dia, jumlah kapal yang disiapkan tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi jika terjadinya lonjakan penumpang. “Kita juga akan menambah trip serta menyiapkan kapal delapan unit kapal ekstra. Upaya ini kita lakukan untuk mengantisifasi kalau sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang yang signifikan. Kapal akan beroperasi selama 24 jam,” ujarnya.

Baca juga:  Musim Hujan, Jalur KA Banyuwangi-Jember Rawan Longsor

Sugiantara menjelaskan, dua pekan menjelang Nataru, memang belum ada peningkatan jumlah penumpang yang signifikan. Jelas dia, pihaknya memprediksi jika puncak arus kendaraan dan penumpang biasanya mulai ramai H-3  atau tiga hari sebelum perayaaan Natal dsn Tahun Baru. “Kalau dibandingkan lalu, jumlah krndaraan dan penumpang yang bakal menyrberang diprediksi bakal meningkat sekitar 10 persen.Khususnya untuk sepeda motor,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat inijumlah kapal yang beroperasi sebanyak 32 unit. Dan 5 unit kapal saat ini masih dalam proses perbaikan akibat rusak. Maka dari itu saat Nataru hanya ada 37 kapal yang dapat beroperasi. “Kalau memang nantinya da lonjakan penumpang, kita langsung arahkan ke kapal ekstra,”tegas Sugiantara. (eka prananda/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.