Uang
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Situasi finansial masing-masing orang memang tak sama. Bagaimanapun, setiap orang punya waktu start dan pencapaian yang berbeda-beda. Ada yang telah mandiri sejak usia 20-an, tapi ada juga yang masih mengalami kesulitan keuangan pada usia yang mulai rentan.

Untuk mengetahui pencapaian, kamu perlu memahami beberapa ciri bahwa situasi keuanganmu sudah cukup ideal di usia 30-an. Apa saja? Berikut beberapa cirinya, dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Memiliki Kebutuhan Esensial Seperti Rumah dan Kendaraan Atas Nama Sendiri
Rumah dan kendaraan menjadi salah satu kebutuhan yang esensial. Idealnya, kebutuhan ini sudah kamu miliki di usia 30-an. Jika belum, kamu dapat mengajukan kredit rumah. Meskipun mencicil setiap bulan untuk jangka waktu beberapa tahun, setidaknya kamu bisa menikmati tinggal di rumah milik sendiri.

2. Berfokus pada Target Jumlah Tabungan, Bukan Pendapatan
Idealnya, di usia 30-an kamu sudah menemukan passion-mu dan memahami ritme kerja. Jadi, pendapatan bukan lagi menjadi target utama. Yang lebih penting adalah bagaimana caranya mengatur keuangan agar tersisa lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan.

Bagaimanapun, masa depan penuh dengan ketidakpastian. Untuk itu, tentunya kamu ingin mempersiapkan dana yang cukup untuk menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

3. Mampu Mengevaluasi Pengelolaan Keuangan
Dengan pendapatan yang relatif stabil, sudah sepantasnya kamu memiliki kemampuan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran rutin. Kamu juga harus mampu mengevaluasi pos-pos pengeluaran yang cukup besar. Melakukan evaluasi keuangan tiap bulan seharusnya sudah menjadi salah satu kebiasaanmu.

Baca juga:  Gudang Rongsokan Terbakar, Motor dan Uang Ikut Ludes

4. Lebih Bijak dalam Menentukan Pengeluaran
Pada usia yang matang ini, kamu tentu sudah tahu mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Meski finansial stabil, bukan berarti uang harus dihabiskan, bukan? Berpikirlah dua kali sebelum memutuskan untuk menghamburkan uang. Fokuskan pada kebutuhan yang rutin atau mendesak. Dengan begitu, setiap sen jerih payahmu tak akan terbuang sia-sia.

5. Paham Kapan Waktunya Memanfaatkan Jasa Perencana Keuangan
Terkadang, target keuangan yang diharapkan bisa saja meleset. Namun, jika hal ini berlangsung terus-menerus, kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk memanfaatkan bantuan dari jasa perencana keuangan.

Menggunakan jasa mereka bukan berarti kamu gagal, tetapi memastikan bahwa kamu masih berada di jalur yang tepat. Selain itu, mereka juga bakal membantu kamu melihat hal-hal yang sebelumnya tak tampak olehmu saat berusaha mencapai target finansial yang kamu kejar.

Itulah sejumlah ciri yang membuat kondisi finansialmu ideal di usia 30-an. Hal yang terpenting, pastikan kamu sudah memahami arah dalam mengelola keuangan, ya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.