Membaca berita “Undiksha Gelar Wisuda Ke-57 …” (BP, 3/12), sepertinya ada kerancuan dalam predikat kelulusan. Langsung saja disebut di sini, yaitu (1) Pada Program S3, Dr. Ni Made Rai Wisudariani dari Jurusan Pendidikan Bahasa dengan IPK 3,91 predikat Sangat Memuaskan, (2) Program S2, Ulan Sari, M.Pd. dari Jurusan Bimbingan Konseling dengan IPK 3,86 predikat Pujian, dan (3) Program S1 Made Sugi Antara dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,86 predikat Sangat Memuaskan.

Nah, dari tiga wisudawan tersebut, yang mendapat IPK 3,91, yang berarti lebih tinggi dari IPK 3,86 kenapa predikatnya lebih rendah yakni Sangat Memuaskan? Kedua, dengan IPK yang sama (3,86) kok predikatnya bisa berbeda, satu pujian dan satunya lagi sangat memuaskan.

Baca juga:  Undiksha Sabet Dua Medali di Smarcup 2017

Ini penting untuk diklarifikasi, sebab kalau tidak demikian, kasihan kepada yang bersangkutan (yang dirugikan) dan juga keluarga sang wisudawan. Pembaca, termasuk saya, mungkin perlu pula mendapat informasi bahwa dengan wisuda yang ke-57 ini, sudah berapa ribu alumni yang dihasilkan Undiksha dan mereka itu secara rinci (Program Diploma, S1, S2, dan S3) masing-masing ada berapa?

Jika kekurangan ini bukan terletak pada penyedia informasi (kampus) dan mungkin terletak pada sang wartawan, maka hal itu perlu mendapat pelurusan demi informasi yang diterima oleh masyarakat benar-benar valid dan akurat.

Romi Sudhita,
Jl. Srikandi Singaraja

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.