Pataka dan Panji-panji I Gusti Ngurah Rai diarak serangkaian Hari Pahlawan dan Puputan Margarana. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk mengenang perjuangan pahlawan Bali, sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk kesatuan dan persatuan bangsa, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Apel Peringatan Hari Puputan Margarana ke-72 tahun 2018, sekaligus gerak jalan napak tilas yang dipusatkan di halaman Puri Agung Kesiman, Sabtu (17/11).

Sejak pagi sejumlah pelajar terlihat mengikuti gerak jalan dengan mengenakan pakaian perjuangan dalam kegiatan peringatan Hari Puputan Margarana. Diawali dengan upacara yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara, sekaligus melepas gerak jalan. Kegiatan dihadiri Penglingsir Puri Kesiman, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana; Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, seluruh pejabat Pemkot Denpasar, unsur Korpri, LVRI , kepemudaan, organisasi masyarakat, TNI, dan Polri.

Baca juga:  Surya Paloh “Bakar” Semangat Nasionalisme Kader Nasdem Bali

Sekda Rai Iswara, mengatakan semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan perjuangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi generasi penerus bangsa untuk berjuang bahu-membahu untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan pembangunan di segala bidang untuk mencapai tujuan nasional. “Untuk itu, para generasi muda bangsa memiliki kewajiban untuk bersama-sama meneruskan perjuangan para pejuang agar bangsa Indonesia bisa mewujudkan bangsa yang sejahtera, adil dan makmur,” ujar Rai Iswara.

Lebih lanjut Rai Iswara, mengatakan nilai-nilai kepahlawanan yang digerakan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat memberi vibrasi kepada semua untuk tulus mengabdi dengan berbagai propesi apapun di dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Mari kita tingkatkan kualitas diri untuk terus bekerja-bekerja dan terus bekerja dengan ketulusan, sehingga tercapai profesionalisme untuk dapat meningkatkan derajat kehidupan masyarakat terutama peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan,” harap Rai Iswara.

Baca juga:  Sambut Hari Pahlawan, BRI Ajak Kadet 1947 Gelar Pameran Kreatif dalam Negeri

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara, menyatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana. Dalam hal ini Pemerintah Kota Denpasar menerima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai, dari Kabupaten Gianyar.

Setelah itu, dilanjutkan dengan napak tilas yang diikuti sebanyak 16 regu dari SMA/SMK se-Kota Denpasar, yang dimulai dari depan Puri Agung Kesiman dan berakhir di Wantilan Pura Desa Pakraman Peguyangan. “Setelah mencapai finish, kegiatan akan dilanjutkan dengan lomba yel-yel bertemakan jiwa semangat dan nilai-nilai kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai, dan sorenya akan dilaksanakan sarasehan yang bertemakan empat pilar kebangsaan dikaitkan dengan kondisi kekinian berbangsa dan bernegara,” ucap Raka Purwantara.

Baca juga:  Harus Dihapus, Stigma Naker Bali Banyak Libur

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Rai Iswara, menerima piala bergilir Walikota Denpasar dalam lomba napak tilas perjuangan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai, dari juara tahun lalu yakni SMKN 5 Denpasar. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *