Suasana di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pencapaian Bandara Internasional Soekarno Hatta yang dinobatkan oleh OAG Megahubs International Index 2018, sebagai bandara Megahub dengan indeks konektivitas internasional terbaik ke-10 dari 50 bandara Internasional terbaik di dunia. “Saya apresiasi atas pencapaian yang diraih Bandara Internasional Soekarno Hatta. Bandara yang memang kita harapkan menjadi bandara megahub yang memiliki konektivitas baik itu domestik maupun Internasional. Ini sangat membanggakan Indonesia,” ungkap Menhub di Jakarta, Jumat (16/11).

Menhub mengatakan, akan terus mendorong dan meningkatkan kapasitas Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan membangun runway 3 dan terminal 4. “Kita harapkan dengan dibangunnya runway 3 dan terminal 4 dapat memberikan daya dukung konektivitas yang lebih tinggi lagi dan akan lebih naik lagi peringkatnya,” ungkap Menhub.

Baca juga:  Infrastruktur Jaringan Hingga Pelosok, Telkomsel Dianugerahi Penghargaan KPU/USO

Menurut rilis dari OAG Megahubs International Index 2018, penilaian indeks konektivitas internasional ini dihasilkan dengan membandingkan jumlah koneksi terjadwal dari penerbangan internasional, dengan jumlah destinasi yang dilayani oleh bandara. Bandara Internasional Soekarno Hatta meraih Indeks konektivitas sebesar 249 poin dengan dominasi maskapai Garuda Indonesia yang melayani penerbangan Internasional sebesar 28 persen.

Berikut peringkat 10 besar Bandara Megahub terbaik di dunia. Peringkat pertama diraih oleh Bandara Internasional Heathrow London Inggris , dengan indeks konektivitas sebesar 333 poin. Disusul peringkat di bawahnya, Bandara Internasional O’Hare Amerika Serikat (306poin), Frankfurt Jerman (302 poin), Amsterdam Belanda (286), Pearson Toronto Kanada (271), BI Los Angeles AS (257), Atlanta AS (256), Changi Singapura (253), Paris-Charles D Gaulle Prancis (250), dan Soekarno Hatta Indonesia (249).

Baca juga:  Hari Ini, Presiden Jokowi Divaksinasi Kedua

Di bawah Indonesia, terdapat beberapa bandara internasional di dunia diantaranya, Munchen Jerman, Kuala Lumpur Malaysia, dan Hongkong. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *