Rest Area Pantai Goa Lawah. (BP/gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Penataan areal rest area Pantai Goa Lawah, Kecamatan Dawan, Klungkung, rencananya akan diperluas tahun ini. Dinas Pariwisata Klungkung, sudah memasang anggaran Rp 2 miliar dalam APBD Perubahan. Rencananya, disana akan ditambah fasilitas umum, seperti areal bermain, Lapangan Bola Voli, gazebo, toilet dan penataan taman.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Nengah Sukasta, Kamis (15/11). Dia menegaskan, perluasan areal rest area ini untuk mempercantik tempat tersebut, dimana tempat ini sudah semakin ramai dikunjungi warga. Sebagai pintu masuk wilayah Klungkung dari timur, disana akan ditata lebih bagus. Sehingga, selain untuk mendukung daya parkir Pura Goa Lawah, disana juga menjadi tempat yang layak untuk beristirahat dan rekreasi.

Saat ini, Sukasta mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa dinas dan desa adat setempat. Kata dia, saat ini masih ada persoalan terkait lahan. Ini yang masih dikomunikasikan, agar rencana penataan tempat ini bisa diselesaikan tahun ini, sebagaimana direncanakan dalam APBD Perubahan. “Perluasannya nanti ke arah timur. Ada penambahan sejumlah fasilitas umum, agar tempatnya semakin tertata,” tegas Sukasta.

Baca juga:  Per 1 Januari Diberlakukan, Tim Gabungan Mulai Sosialisasi Penertiban Parkir di Ubud

Sebelumnya, Perbekel Pesinggahan, I Nyoman Suastika, pernah mengatakan, kehadiran objek tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Sebab, mampu menjadi penopang perekonomian. Selain itu, juga ada pemasukan ke desa adat melalui retribusi parkir.

Hanya, objek yang berada di timur Pura Goa Lawah ini belum didukung fasilitas memadai. Toilet yang menjadi kebutuhan pengunjung, belum tersedia. Ditambahkan, sesuai rencana, penataan oleh pemkab juga akan dilakukan sampai Pantai Belatung. Diharapkan itu bisa terealisasi sehingga dampak ke masyarakat bisa lebih luas. Banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk beristirahat, khususnya warga yang dari Karangasem ke Denpasar maupun sebaliknya. “Disini kurangnya, toilet belum ada. Sama tempat makan. Kalau itu ada, tambah lengkap lagi. Kesini jadi lebih betah,” kata salah satu pengunjung, Nengah Wira. (Bagiarta/balipost)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.