Rombongan napak tilas yang membawa pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan nasional, I Gusti Ngurah Rai, tiba di Karangasem, Selasa (13/11). (BP/gik)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Rombongan napak tilas yang membawa pataka panji–panji dan surat sakti pahlawan nasional, I Gusti Ngurah Rai, tiba di Karangasem, Selasa (13/11). Penyerahannya, dilakukan melalui apel di Lapangan Umum Gajah Wea, Desa Abang, Kecamatan Abang.

Acara tersebut dihadiri anggota Forkopimda Karangasem, para kepala OPD Pemkab Karangasem, Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Organisasi Kepemudaan. Sekda Adnya Mulyadi usai memimpin apel, mengatakan tujuan napak tilas ini adalah untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme, sekaligus mengenang perjuangan dan perjalanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai.

Panji-panji dan surat sakti Ngurah Rai yang dibawa dari Buleleng itu, diserahterimakan saat apel di Lapangan Gajah Wea, Abang, Karangasem. Selanjutnya dilepas Sekda menuju Taman Tirta Gangga, Kecamatan Abang, selanjutnya melewati Jalan Untung Surapati, menuju Belong dan beristirahat di Tugu Pahlawan.

Pada Rabu (14/11) hari ini, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Ke Klungkung yang nantinya akan dilaksanakan apel serah terima serupa di Kabupaten Klungkung. Adnya Mulyadi menyampaikan, rangkaian Hari Pahlawan pada 10 November dan Hari Puputan Margarana pada 20 November, diharapkan seluruh masyarakat dapat menghargai dan mengenang kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai. “Kita sebagai generasi penerus harus tetap berjuang dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan kita harus menegaskan NKRI adalah harga mati,” tandasnya.

Baca juga:  Tanamkan Nilai Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai dalam Mengisi Kemerdekaan

Proses menuju Klungkung, nantinya pataka juga akan diikuti iring-iringan 35 sepeda ontel dari club Konkret Ok (Komunitas Kreatif Ontel Karangasem) dan 15 Club KSC (Karangasem Scooter Club) dengan Ketua umum I Gusti Lanang Pande dan Ketua Harian Ida Nyoman Ngurah Adi.

Pembina Konkret Ok Gusti Putu Parwata didampingi Ketua Konkret OK Gede Suardana, mengatakan Konkret Ok terbentuk pada bulan Agustus lalu. Anggotanya kini berjumlah 45 orang. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.