DENPASAR, BALIPOST.com – Grand final pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2018 digelar Sabtu (20/10) malam di Hotel Aston Denpasar. Acara tersebut diikuti 24 finalis yakni 12 finalis putra dan 12 finalis putri.

Melalui penilaian 5 orang juri maka dari 24 finalis tersebut, terpilih I Ketut Yasa Putra dan Jessica Klesia Prameswari sebagai juara I Duta Endek Kota Denpasar 2018. Ditempat kedua diraih Devidson Imanuel Eman dan Made Ayuni Dindasari, kemudian Anak Agung Ngurah Trisna Indra Pradipta dan Ni Made Ayu Cantika Ratih meraih juara III.

Sementara itu Juara Favorit jatuh pada Ni Made Ayu Cantika Ratih. Juara Best Talent diraih Ni Putu Archisya Anandari Wandhira, kemudian Juara Best Photogenic Azura Jasmine Adrian, dan Juara Best Catwalk Komang Onny Cludea.

Malam grand final pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2018 tersebut disaksikan langsung Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra yang juga menjadi juri kehormatan bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Denpasar, Ny IA Selly Dhramawijaya Mantra. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Wayan Mariyana Whandira, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Duta Endek Kota Denpasar 2018, I Nyoman Bagus Pramartha menyampaikan bahwa secara garis besar ajang ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan akan endek dikalangan remaja. Mempersiapkan putra-putri terbaik Kota Denpasar yang berprestasi serta mampu menjadi duta endek Kota Denpasar.

Baca juga:  Endek "Surface Design" Jadi Souvenir Delegasi IMF

Sebagai usaha peningkatan kemampuan personal pelayanan informasi dan promosi endek. Tentunya mereka juga diharapkan mampu mempromosikan dan mensosialisasikan ragam endek sebagai produk kearifan lokal serta menjadi salah satu potensi keunggulan Kota Denpasar.

“Memberikan kesempatan pada generasi muda untuk lebih mengenal endek melalui duta endek Kota Denpasar. Sebagai upaya Pemerintah Kota Denpasar dalam menyosialisasikan produksi dalam negeri dengan moto endek kita punya, kita pakai, kita bangga”, terangnya.

Dari 2012, ajang pemilihan Duta Endek Kota Denpasar rutin digelar tiap tahunnya dan di 2018 ini merupakan acara yang ketujuh kalinya. Para pesertanya merupakan putra-putri di Kota Denpasar dari SMA, SMK hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Pramartha menambahkan, proses pendaftaran Duta Endek Kota Denpasar 2018 telah dilaksanakan dari 14 Juli sampai 24 Agustus. Kemudian mengikuti beberapa tahapan seleksi.

Seleksi tahap pertama dengan test tulis dan interview yang dilaksanakan 1-2 September di Aula Graha Sewaka Dharma Denpasar, dan diikuti sekitar 139 peserta. Dalam proses seleksi tersebut dilakukan sejumlah test, meliputi behaviour, publik speaking, cooperates in team, daily activity serta performace.

Dari seleksi tahap pertama ini terjaring 50 peserta untuk mengikuti seleksi tahap ke dua, yang dilaksanakan 8 September. Pada tahap kedua ini diperoleh 24 orang peserta (12 putra dan 12 putri) yang masuk sebagai finalis Duta endek Kota Denpasar 2018. Para finalis tersebut kemudian mengikuti sejumlah pembekalan dan pelatihan-pelatihan. (Eka Adhiyasa/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.