PSN Denpasar saat berkunjung ke Kantor Bali Post, Selasa (9/10). (BP/gie)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kota Denpasar akan menggelar “Gangga Pratistha” pada Banyupinaruh, Minggu (14/10). Kegiatan ini akan digelar di Pantai Mertasari, Sanur pada pukul 06.00 Wita hingga 09.00 Wita. Demikian dikemukakan Ketua PSN Denpasar, Pinandita Putu Gede Suranata, Selasa (9/10) di Kantor Bali Post.

Menurutnya pelaksanaan Gangga Pratistha merupakan ritual yang digelar saat banyupinaruh. Ritual ini dilaksanakan untuk menyucikan bhuana agung dan alit. “Umat Hindu setiap Banyupinaruh melakukan kegiatan mandi di pantai maupun mata air lainnya. Namun, selama ini tidak disertai upakara. Padahal, Banyupinaruh ini memiliki tattwa yang sudah pula dituangkan dalam bhisama PHDI,” jelasnya.

Ia mengutarakan untuk menjalankan Banyupinaruh sesuai dengan tattwanya, PSN Denpasar menggelar Gangga Pratistha ini. Pelaksanaan Gangga Pratistha ini terbuka bagi seluruh umat Hindu. “Umat cukup membawa pejati dan canang sesuai kemampuan masing-masing. Gangga Pratistha akan dipuput oleh pinandita dari seluruh wangsa,” sebutnya.

Baca juga:  Sanur Village Festival 2018 Diselenggarakan di Pantai Matahari Terbit

Ditambahkan Ida Mangku I Dewa Gede Ambara Putra Manacika, ritual ini sebenarnya bukan hal yang baru. Gangga Pratistha yang mengandung pengertian menstanakan spirit Bhatari Gangga untuk mewujudkan keseimbangan bhuana agung dan alit ini telah dilaksanakan 10 tahun lalu oleh Ida Pedanda Gede Bang Buruan Manuaba. Pada tahun lalu, ritual ini juga sudah digelar di Pantai Watu Klotok. “Ritual ini merupakan upaya untuk membangun kesadaran dharma yang sebaiknya dilakukan bertepatan dengan hari pemujaan ilmu pengetahuan yakni Hari Saraswati. Sehingga Gangga Pratistha digelar pada saat Banyupinaruh,” ungkapnya. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.