Gerakan mengawal budaya Bali harus dilakukan secara lebih nyata. Langkah ke arah itu kini makin nyata setelah ada gerakan bersama penggunaan aksara Bali. Pencanangan serentak di Bali ini mudah-mudahan bisa dikawal hingga benar-benar djabarkan. Batasan waktu penggantian juga harus dijelaskan, agar ada gerakan cepat instansi publik dan fasilitas publik lainnya di Bali menggunakan ketentuan ini.

Sebagai warga Bali, saya mengapresiasi gerakan ini. Mudahan-mudahan Gubernur Bali bapak Koster dan Wagub Cok Ace bisa mengawal kebijakan ini. Instansi pemerintah semestinya lebih awal menjabarkan hal ini. Sanksi juga harus dijelaskan jika dalam waktu yang ditentukan ada kantor pemerintah yang belum menjabarkan ketentuan ini.

Yang pasti, kami semakin yakin ke depan, gerakan mengawal budaya Bali akan berjalan lebih nyata dan tersistem. Langkah cepat dan cerdas ini mestinya didukung oleh semua komponen.

Baca juga:  Budaya Bali Diserap Daerah Lain lewat Seni

Saya mengusulkan agar investor yang selama ini mengambil untung di Bali menjadi sponsor dari gerakan ini. Harus ada komitmen, juga menjabarkan langkah nyata mengawal budaya Bali. Gerakan mengawal Budaya Bali mestinya menjadi tanggung jawab bersama.

Mudah-mudahan gebrakan cepat dalam mengawal budaya Bali ini dilakukan  berkesinambungan dan menyentuh hal-hal yang lebih signifikan. Kami warga Bali mendukung gerakan mengawal budaya Bali. Selain penggunaan aksara Bali dan pakain adat Bali, hal penting yang perlu dilakukan adalah menyiapkan SDM Bali untuk menghadapi era baru. SDM Bali hendaknya menjadi tenaga siap bersaing dan profesional.

Putu Trinatha

Gianyar, Bali

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.