Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melepas para siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba multikuis Kita Harus Belajar (Kihajar) dan Olimpiade Literasi, di rumah dinasnya, Minggu (7/10). (BP/adv)

BERBAGAI prestasi yang mampu diukir belakangan ini, baik di tingkat daerah, nasional hingga Asia telah membuktikan Kabupaten Klungkung memiliki potensi SDM yang unggul, meskipun sebagai kabupaten kecil di Bali. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat melepas para siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba multikuis Kita Harus Belajar (Kihajar) dan Olimpiade  Literasi, di rumah dinasnya, Minggu (7/10).

Menurutnya, semua pihak harus terus memupuk rasa jengah, sehingga lahir prestasi berkelanjutan. Dalam hal ini, Suwirta memiliki gagasan untuk menampilkannya dihadapan publik melalui kegiatan Pentas Bintang. “Kita akan ciptakan sebuah wadah kegiatan dimana para peraih prestasi akan menunjukan kemampuan dan prestasi yang telah diperoleh, sehingga akan tumbuh rasa jengah dan semangat untuk ikut berprestasi bagi yang lain,” ujarnya.

Kepada seluruh siswa yang akan berlomba, diminta melakukan persiapan matang. Para guru diperintahkan untuk selalu membimbing dan membina anak didiknya sehingga mampu tampil maksimal. “ Selamat kepada seluruh adik-adik yang akan berangkat mewakili Klungkung, dengan jumlah peserta yang sebagian besar berasal dari Klungkung, telah membuktikan bahwa Klungkung memiliki SDM yang unggul, mari buktikan bahwa Klungkung mampu meski kita kabupaten kecil,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan menyampaikam ada 7 siswa Klungkung akan berlomba mewakili Bali di tingkat nasional. Tiga orang akan berlaga di ajang Olimpiade Literasi, yakni Dewa Ayu Dyana Santi Sahadewi dalam lomba debat bahasa Indonesia, Gusti Ayu Adhira Iswa Adi dalam lomba kreatifitas cerita bahasa Inggris dan Komang Rahayunita dalam lomba cipta puisi. Ketiga siswi SMPN 2 Semarapura yang duduk di kelas VIII ini akan mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta pada 27 sampai dengan 31 Oktober mendatang. “Dari empat kategori lomba, Klungkung memberangkatkan 3 wakilnya sedangkan 1 wakil dari Gianyar. Klungkung unggul dengan mengirimkan lebih banyak peserta,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkab Klungkung Genjot Pengembangan Bakat Siswa

Empat siswa lainnya mengikuti lomba Kihajar. Tingkat SD diwakili Sagita Cinta Ananta siswa kelas V dan Putu Ayu Kresna Devany siswa kelas VI. Keduanya merupakan siswa SDN 1 Semarapura Kangin. Untuk tingkat SMP diwakili  Gede Agus Sudarmawan kelas VIII dan I Dewa Gede Lokamaheswara kelas IX. Keduanya merupakan siswa SMPN 1 Semarapura. Lomba ini akan diselenggarakan pada 9 Oktober di Hotel Sultan, Jakarta. “Empat siswa ini sebelumnya telah mengikuti seleksi ketat di tingkat provinsi dan telah lolos untuk mengikuti lomba yang  diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Kemendikbud, Jakarta.” sebut pejabat asal Desa Manduang, Klungkung ini. (BP/adv)

 

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.