Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung dijadikan kawasan bersih narkoba. Hal tersebut digagas Polres Klungkung. Deklarasinya berlangsung, Selasa (2/10) malam. (BP/adv)

UPAYA pencegahan penyalahgunaan narkoba terus dikampanyekan di Kabupaten Klungkung. Langkah yang dilakukan tak hanya melalui sosialisasi berkelanjutan. Lebih dari itu, Polres Klungkung juga mendeklarasikan kawasan bersih narkoba, Selasa (2/10) malam. Desa Besan, Kecamatan Dawan ditetapkan untuk itu.

Deklarasi yang berlangsung di Balai Banjar Kawan, Desa Besan ini dihadiri langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kapolres Klungkung, AKBP. Bambang Tertianto, Camat Dawan A.A Gede Putra Wedana, Kepala Badan Kesatuan bangsa, politik, dan perlindungan masyarakat Klungkung I Wayan Made Sujana, Kepala BNNK Klungkung, AKBP. Dewa Made Alit Artha dan undangan lainnya.

Baca juga:  Umanis Galungan, Kunjungan ke Taman Soekesada Ujung Mencapai Seribu Pengunjung

Bupati Suwirta menyampaikan deklarasi ini merupakan yang pertama di Kabupaten Klungkung. Diharapkan, mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Ditegaskan pula, untuk terhindar dari jeratan barang haram tersebut, masyarakat bisa melakukan hal-hal positif yang berkaitan dengan peningkatan potensi budaya, sosial dan ekonomi. Demikian juga halnya dengan generasi muda. “Ruang untuk menggunakan narkoba harus ditutup,” tegasnya.

Kepolisian dan Instansi terkait juga diharapkan untuk mengintensifkan sidak di tempat hiburan malam yang tersebar di wilayah Kabupaten Klungkung. “Pemkab berkomitmen mendukung kepolisian dan instansi terkait dalam pemberantasan narkoba. Tidak ada intervensi maupun ikut campur dalam membantu pelaku penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Baca juga:  Asita Bali Dukung Gubernur Koster Larang Wisman Berkendaraan Sendiri, Kaji Stop VOA Ukraina-Rusia

Sementara itu Kapolres Bambang Tertianto mengatakan masyarakat Desa Besan sangat antusias untuk deklarasi kawasan bersih narkoba. Kegiatan tersebut sebagai upaya mengendalikan masyarakatnya tidak terpengaruh narkoba. Ia pun mengajak masyarakat mulai dari kalangan sekaa truna hingga orang tua agar menjauhi dan menghindari narkoba. “Terpilihnya Desa Besan sebagai kawasan bersih narkoba, berdasarkan survei dan data yang ada, bersih dari pengguna narkoba,” ujarnya.

Deklarasi ini dipimpin oleh Bendesa Adat Pakraman Besan, Ketut Wardana yang kemudian di ikuti oleh masyarakat. Saat itu pula, ada penandatangan komitmen bersama terkait anti narkoba. (ADV/Balipost)

Baca juga:  Respons Krisis Air Bersih di Besan, Ini Dilakukan Polres Klungkung

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *