DENPASAR, BALIPOST.com – Fun Run dalam rangka World Heart Day (WHD) pada Minggu (30/9) berlangsung sukses. Sebanyak 600 peserta turut dalam Fun Run.

Fun Run diikuti paramedis baik dari dokter, perawat dan tenaga medis yang lain dari beberapa instansi rumah sakit. Usai Fun Run, peserta juga antusias mengikuti senam zumba.

Ketua PERKI Cabang Bali dr. I Made Junior Rina Artha, Sp.JP (K), FIHA. mengatakan, rangkaian acara fun run seminggu sebelumnya PERKI juga melaksanakan kampanye AF (Atrial Fibrilasi). Yaitu mendeteksi gangguan irama jantung yang tidak teratur. Kasus ini sering terjadi penyebab stroke tertinggi.

PERKI juga melaksanakan workshop untuk dokter-dokter layanan primer dan dokter di UGD untuk kasus gagal jantung. “Karena mereka adalah pelayanan terdepan, sehingga yang mendeteksi awal mereka,” ujarnya.

Baca juga:  Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya mengajak masyarakat untuk bergaya hidup sehat, PERKI juga menyiapkan stand khusus untuk pelatihan gratis Bantuan Hidup Dasar (BHD). Ia menyediakan 10 mannequin untuk berlatih memberikan BHD terutama pada penderita jantung. “Pelatihan ini untuk orang awam, bagaimana melakukan pertolongan awal untuk orang-orang serangan jantung atau tiba-tiba kolaps, pingsan,” ungkapnya.

Seluruh masyarakat diharapkan bisa melakukan BHD. Tujuannya semata-mata untuk life saving, menyelamatkan terutama keluarga atau masyarakat di sekitarnya yang mengalami serangan jantung atau tiba-tiba pingsan. “Jadi kita butuh orang yang terlatih terutama orang awam dalam penanganan henti jantung,” imbuhnya. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.