SINGARAJA, BALIPOST.com – Puluhan orang mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja nyaris menjadi korban kecelakaan lalulintas (lakalantas) Sabtu (29/9). Pasalnya, bus Adi Jaya DK 9238 UE yang mereka tumpangi diduga tidak kuat menanjak saat melintas di Jalan Singaraja-Bedugul KM 7 sampai 8 wilayah Dusun Pumahan, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada.

Beruntung, bus bisa dihentikan di sebalah barat jalan setelah berjalan mundur dari lokasi kejadian. Kasat Lantas AKP Putu Diah Kurniawandari seizin Kapolres Buleleng AKBP Suratno, S.IK mengatakan, sebelum kejadian rombongan mahasiswa Undiksha ini berangkat dari kampus menuju Bedugul. Rombongan berangkat sekitar pukul 07.00 wita.

Baca juga:  Rem Blong, Sedan Terjun ke Jurang

Pada awal perjalanan, bus berjalan lancar. Namun memasuki lokasi kejadian, di mana medan jalan menanjak, pengemudi bus Adi Jaya Ketut wiratna Jaya (46) asal Mengwi mulai kesulitan mengendalikan.

Pengemudi kemudian memasukan gigi satu. Kendati menggunakan gigi satu, namun kendaraan tidak mampu melaju normal. Saat itu, bus berjalan mundur sekitar 50 meter.

Kondisi ini membuat puluhan mahasiswa panik. Beruntung, pengemudi berhasil menghentikan bus yang berjalan mundur di sebalah barat jalan. Seluruh penumpang selamat dan dinyatakan dalam keadaan sehat. “Benar terjadi lakalantas Out of Control (OC) dan tidak ada korban dalam kejadian ini. Semua penumpang itu selamat dan melanjutkan perjalanannya ke Bedugul menggunakan kendaraan  pengganti,” katanya.

Baca juga:  Ny. Putri Koster Ajak Wanita TERPUJI Sinergi Bersama Membangun Bali

Menurut AKP Kurniawandari, hasil pemeriksaan di lokasi kejadian dan keterangan saksi, penyebab kecelakaan ini diduga karena faktor kendaraan. Ini dikuatkan dengan keterangan pengemudi.

Menghindari kejadian serupa, pihaknya mengimbau para pengemudi angkutan umum untuk memperhatkan kondisi kendaraan. “Keterangan sementara bus itu tidak kuat di tanjakan. Ini pengalaman yang harus diperhatikan oleh pengendara kalau melintasi jalan Singaraja-Begudul agar memperhatikan kondisi kendaraan menghindari kejadian serupa kembali terulang,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Berkat Inisiatif Hyperlocal, Perawatan Tubuh Asal Bali Jangkau Pasar Nasional
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *