Nelayan Tabanan memperoleh bantuan CBP yang diserahkan Bupati Tabanan, Eka Wiryastuti. (BP/istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Setelah melalui proses pengajuan dan pendataan serta menunggu SK dari Bupati Tabanan, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) akhirnya turun. Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, Selasa (25/8) di wantilan Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan.

Total CBP yang diserahkan sebanyak 23,049 ton. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan latar belakang CBP ini diberikan karena nelayan tidak bisa melaut akibat cuaca ekstrem dalam rentang waktu cukup lama sehingga tidak bisa menafkahi keluarganya.

Menyikapi permasalahan ini, Pemkab Tabanan mengambil langkah dengan merujuk pada aturan yang telah ada yaitu membantu nelayan dengan mengambil langkah cepat mengusulkan kepada Perum Bulog divisi regional agar jatah cadangan beras pemerintah(CBP) untuk Kabupaten Tabanan dapat disalurkan. “Harapannya, pemberian CBP ini dapat mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan hidup nelayan,” paparnya.

Menurut Bupati Eka, penyaluran CBP kepada Nelayan di Kabupaten Tabanan ini adalah yang ke enam. “Kita menyerahkan bantuan kepada 1.101 nelayan dengan jumlah beras 23 ton lebih. Kegiatan ini sudah kita lakukan sejak 2011 dan tahun ini merupakan yang ke-6. Total selama 6 tahun sudah tersalurkan lebih dari 91 ton beras,” jelasnya.

Selain menyerahkan CBP, pada kesempatan tersebut Bupati Tabanan juga menyerahkan klaim asuransi nelayan dari Asuransi Jasindo sejumlah Rp 40 juta kepada ahli waris I Nyoman Dudy Perianantara, nelayan dari Desa Bajra, Kecamatan Selemadeg yang beberapa waktu lalu meninggal dunia.

Baca juga:  Dua Jukung Nelayan di Jembrana Digulung Ombak

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan I Ketut Arsana Yasa memohon CBP kepada pemerintah karena adanya cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi beberapa bulan yang lalu. Cuaca buruk ini membuat para nelayan yang tidak bisa melaut dan menafkahi keluarganya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Bupati Tabanan dan isntansi terkait serta Ketua DPRD Bali yang memberikan respons cepat terhadap usulan kami sehingga hari ini nelayan di Tabanan bisa menerima CBP sejumlah 23,049 ton,” katanya.

Arsana melanjutkan dengan penyaluran CBP ini diharapkan dapat meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun kelompok nelayan yang menerima Cadangan Beras Pemerintah(CBP) sebanyak 73 kelompok dengan jumlah anggota 4.116 jiwa. “Total CBP 23,049 ton akan disalurkan kepada 73 kelompok nelayan yang tersebar di enam
kecamatan wilayah pesisir untuk Kecamatan Kediri, Tabanan, Selemadeg Timur masing-masing 8 kelompok, Kerambitan 18 Kelompok, Selemadeg 12 Kelompok dan Selemadeg barat 19 kelompok,” jelasnya. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.